Harapan Iwan Bule untuk Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Bagus Kahfi: Tetaplah Main di Eropa

Ari Prayoga | 4 Agustus 2022 12:55
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di FK Senica (c) Instagram/fk_senica

Bola.net - Masa depan Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Bagus Kahfi di sepak bola Eropa hingga kini belum menemui kejelasan. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pun berharap mereka tetap bermain di Eropa.

Seperti diberitakan sebelumnya, pekan lalu Witan memutuskan berpisah dengan Lechia Gdanks. Sementara itu, Egy dan Bagus Kahfi juga putus kontrak dengan klub Eropa.

Mochamad Iriawan mengaku khawatir dengan nasib ketiga pemain tersebut. Seperti diketahui, bursa transfer klub-klub Eropa bakal ditutup kurang dari sebulan.

"Saya belum tahu mereka akan lanjut ke mana. Saya juga belum berkomunikasi lagi. Mungkin dalam waktu dekat akan saya hubungi, akan tetapi saya berharap mereka tetap main di Eropa," kata Mochamad Iriawan.

1 dari 4 halaman

Makin Bagus

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (c) Bola.com/Bagaskara La

Mochamad Iriawan menyebut, semakin banyak pemain Indonesia yang berkarier di Eropa bakal meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut, banyaknya pemain di luar negeri bakal menjadi pengalaman berharga.

"Bagi kami di Federasi, makin banyak pemain di Eropa, maka semakin bagus. Saya berharap mereka tetap bisa main di Eropa untuk jadi pengalaman berharga," tegas Iriawan.

Sejauh ini pemain Timnas Indonesia yang berkarier di Eropa sudah habis. Hanya ada tiga pemain yang main di luar Indonesia yakni Asnawi Mangkualam (Korsel), Pratama Arhan (Jepang), dan Saddil Ramdani (Malaysia).

2 dari 4 halaman

Kembali Pertengahan Agustus

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/

Mochamad Iriawan juga mengonfirmasi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, bakal kembali bekerja mulai pertengahan Agustus. Pelatih asal Korea Selatan itu akan kembali menggenjot persiapan Tim Garuda setelah lebih dari dua pekan cuti untuk kembali ke negara asalnya.

"Shin Tae-yong akan datang pada pertengahan bulan ini," ujar Iriawan.

"Jadi nanti dia bisa langsung jalan dengan program yang ada. Kami sudah ada program latihan Timnas Indonesia U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023," ucap Iriawan.

3 dari 4 halaman

TC di Luar Negeri

Pemain Timnas Indonesia U-19 saat melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan menjalani pemusatan latihan (TC) di luar negeri untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023. Mereka juga bakal menjalani beberapa laga uji coba.

"Nanti mereka juga akan latihan di luar negeri. Ada beberapa negara yang jadi pertimbangan. Ada Spanyol, Turki, dan Belanda," tutur Ketua PSSI yang karib disapa Iwan Bule itu.

"Nanti di luar negeri Timnas Indonesia U-19 harus menghadapi lawan-lawan kuat," imbuh mantan Kapolda Metro Jaya ini.

4 dari 4 halaman

Piala Dunia U-20 2023

Pemain Timnas Indonesia U-19 tampak kecewa usai melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Timnas Indonesia U-19 akan menjadi tim tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023. Indonesia memang akan menggelar turnamen level dunia untuk sepak bola junior itu pada 20 Mei hingga 11 Mei 2023.

Seharusnya Indonesia menjadi tuan rumah pada Piala Dunia U-20 2021. Namun, karena pandemi COVID-19 yang menyerang dunia, turnamen tersebut dibatalkan dan hak tuan rumah bagi Indonesia digeser ke edisi 2023.

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus Harahap, Gregah Nurikhsani) 4 Agustus 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR