FOLLOW US:


Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Timor Leste U-19: Skor 3-1

06-11-2019 20:52

 | Dimas Ardi Prasetya

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia U-19 vs Timor Leste U-19: Skor 3-1
Timnas U-19 saat merayakan golnya ke gawang Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/09/2019). © Bola.com/Vincentius Atmaja

Bola.net - Timnas Indonesia U-19 menang 3-1 atas Timor Leste U-19 di laga pembuka Grup K Kualifikasi Piala AFC U-19 2020 di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno, Rabu (6/11/2019).

Pertandingan berjalan dengan tempo sedang. Pasukan Merah Putih mampu mendominasi jalannya laga dan mendapatkan sejumlah peluang untuk mencetak gol.

Gol-gol Timnas Indonesia U-19 dicetak oleh Fajar Fathur Rahman (brace) dan David Maulana. Sementara gol Timor Leste U-19 dihasilkan oleh penalti Mouzinho De Lima.

Timor Leste U-19 sendiri bermain dengan 10 pemain saja. Sebab Nelson Dos Reis dikartu merah langsung oleh wasit.

Babak Pertama

Indonesia langsung berusaha untuk menggempur pertahanan Timor Leste. Skuat Garuda menebar ancaman dari berbagai sisi.Hasilnya, pasukan Fakhri Husaini ini bisa mencetak gol cepat pada menit kedua. Umpan sepak pojok dari sisi kanan berhasil ditanduk olehFathur Rahman yang berdiri bebas tak terkawal. 1-0.

Gol ini terasa seperti awal yang menjanjikan. Namun sayang setelah itu mereka kesulitan untuk bisa mencetak gol kedua. Hal ini membuat Timor Leste sedikit berani untuk sesekali berusaha memberikan ancaman pada pertahanan skuat Merah Putih.

Pada menit ke-23, Timor Leste sempat mengancam melalui Paulo Freitas yang lolos dari perangkap offside. Untung, Ernando dengan sigap masih bisa mengamankan bola.

Pada menit ke-30, Rizky Ridho melepas tendangan bebas. Namun kiper Timor Leste masih bisa menghalaunya. Bola rebound berusaha untuk disambar oleh Fillo Numberi, namun lagi Junildo Pereira masih bisa mengamankan gawangnya.

Jelang akhir babak pertama, ada peluang yang diciptakan oleh Bagus Kahfi. Sayang setelah mengecoh beberapa pemain lawan, bola tendangan kaki kanannya malah melenceng dari gawang Timor Leste.

Pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia U-19 unggul 1-0 atas Timor Leste U-19

1 dari 2

Babak Kedua

Di babak kedua, Timor Leste mengambil inisiatif serangan. Mereka berusaha menekan pertahanan Merah Putih lebih dahulu.

Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-50. Tusukan Conceicao ke dalam kotak penalti memaksa Ernando melakukan pelanggaran. Ia pun dikartu kuning dan Timor Leste diberi hadiah penalti. Eksekusi kemudian dilaksanakan oleh Mouzinho dengan mulus. 1-1.

Indonesia kemudian mendapat keuntungan besar. Sebab Dos Reis dikartu merah langsung oleh wasit. Sebab ia melakukan pelanggaran keras pada Bagus Kahfi pada menit ke-58. Selain itu ia juga orang terakhir di pertahanan Timor Leste.

Keunggulan ini dimanfaatkan dengan sempurna oleh Indonesia. Pada menit ke-62, Merah Putih mencetak gol melalui tendangan David Maulana yang berbelok setelah membentur pemain belakang Timor Leste. 2-1.

Skuat Indonesia kemudian menggempur pertahanan Timor Leste. Pada menit ke-75, mereka nyaris mencetak gol namun bola tendangan Beckham Putra dari dalam kotak penalti malah mengenai mistar gawang. bola rebound kemudian berusaha ditanduk oleh Bagus, namun si kulit bundar cuma membentur tiang gawang.

Akhirnya pada menit ke-78, Indonesia bisa mencetak gol lagi. Fathur Rahman menjebol gawang Timor Leste setelah mendapatkan umpan dari Supriadi.

Jelang laga berakhir, Supriadi mendapat peluang mencetak gol. Namun bola tendangannya masih bisa ditangkap kiper lawan. Pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia U-19 pun menang 3-1 atas Timor Leste U-19.

2 dari 2

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-19: Ernando Ari Sutaryadi; Amiruddin Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, M Salman Alfarid; Theo Fillo Numberi, David Maulana, Beckham Putra; Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico, M Fajar Fathur Rahman.

Timor Leste U-19: Junildo Manuel Pereira; Orcelio Nobelito Moises, Gumario Da Silva Moreira, Nelson Pinto Dos Reis; Jaimito Antonio Soares, Jhon Frith Ornai Liu, Paulo Domingos Freitas, Mouzinho De Lima, Expedito Soares Da Conceicao; Elias Joao Mesquita, Osorio Angelo Da Cos.