Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Myanmar: Skor 4-1

Dimas Ardi Prasetya | 25 November 2021 23:23
Jadwal pertandingan uji coba Timnas Indonesia vs Myanmar (c) Bola.com

Bola.net - Timnas Indonesia menghajar Myanmar 4-1 di laga uji coba jelang Piala AFF 2020 di Emirhan Sports Arena, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021) malam WIB.

Laga ini merupakan laga uji coba kedua tim asuhan Shin Tae-yong jelang Piala AFF 2020. Sebelumnya skuat Indonesia sudah berduel melawan Afghanistan dan kalah 1-0.

Timnas Indonesia tampil apik dan efektif khususnya di babak pertama. Skuat Myanmar sendiri tampil kurang greget dan malah cenderung bermain keras dan kasar.

Gol-gol Indonesia dicetak Ricky Kambuaya, Irfan Jaya, Witan Sulaeman, dan Ezra Walian. Gol Myanmar dihasilkan oleh Maung Maung Win.

Baca laporan jalannya pertandingan di bawah ini Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Babak Pertama

Timnas Indonesia dan Myanmar langsung adu serangan begitu laga dimulai. Namun Merah Putih mengawali laga dengan baik.

Menit ketiga, Indonesia langsung membangun serangan berbahaya ke kotak penalti Myanmar. Akan tetapi usaha Witan Sulaeman tak membuahkan gol.

Pada menit kelima, Indonesia menyerang dari sayap kanan. Ezra Walian mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti. Bola kemudian ditanduk oleh Ricky Kambuaya dan bersarang di pojok kiri bawah gawang Myanmar. 1-0.

Menit ke-12, Indonesia kembali mencetak gol. Dewangga mengirim umpan terobosan dari tengah ke area sayap kiri. Di sana Irfan Jaya lolos dari jebakan offside lawan. Dengan sekali tendangan, ia bisa menjebol gawang Myanmar meski sudah berusaha diblok kiper lawan. 2-0.

Myanmar kemudian coba untuk menekan balik Indonesia. Serangan mereka cukup merepotkan akan tetapi tak menimbulkan bahaya berarti.

Skuat Merah Putih akhirnya malah bisa mencetak gol lagi pada menit ke-33. Witan Sulaeman berhasil menembus masuk kotak penalti Myanmar. Dan meski berusaha diganggu pemain lawan, ia berhasil melesakkan bola melewati kiper. 3-0.

Menit ke-35, Myanmar akhirnya mendapat peluang apik. Mereka melepas umpan silang dari sisi kiri, namun bola bisa diintersep oleh Riyandi. Namun bola kemudian jatuh ke kaki pemain lawan dan langsung ditendang ke arah gawang. Untung masih ada pemain Merah Putih yang melakukan blok. Gawang Garuda pun aman dari ancaman.

Pada menit ke-39, Ezra lolos dari kawalan lawan di sayap kanan. Ia melepas umpan silang datar ke tengah kotak penalti. Sayang bola gagal dijangkau oleh Witan Sulaeman.

Pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta sampai babak pertama berakhir. Timnas Indonesia 3-0 Myanmar.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Timnas Indonesia langsung tampil menggebrak di babak kedua. Dua menit setelah kickoff, peluang emas didapat Irfan Jaya. Ia mendapat umpan datar dari Arhan di sayap kiri. Ia sempat mengecoh satu lawan dan melepas tendangan keras dari dalam kotak penalti. Namun bola masih mengarah tepat ke kiper dan gagal berbuah gol.

Pada menit 49, peluang didapat lagi oleh skuat Merah Putih. Kambuaya melepas umpan datar dari sayap kanan ke tengah kotak penalti dan disambut tendangan Ezra sembari rebahan. Namun bola meleset tipis dari sisi kiri gawang Myanmar.

Menit ke-51, Irianto nyaris melakukan blunder dan membuat pemain lawan bisa mendekat ke gawang Indonesia. Untung bola tendangan pemain lawan masih bisa diblok dan keluar lapangan.

Menit ke-53, pemain Mynamar melakukan handball di kotak terlarang. Wasit tentu saja memberikan hadiah penalti. Eksekusi kemudian dilakukan dengan sempurna oleh Ezra Walian. 4-0.

Menit ke-56, serangan cepat Indonesia membuahkan hasil melalui Ezra. Ia mengecoh satu lawan di kotak penalti dan melepas tendangan datar. Bola nyangkut di kaki kiper dan disambar lagi oleh Ezra. Namun bola masih terhalang kaki kiper lawan. Bola liar kemudian disambar Witan dan berbuah gol. Namun wasit menganulirnya karena menilai Witan berada dalam posisi offside.

Timnas Indonesia kemudian melakukan sejumlah pergantian pemain. Hal ini membuat serangan Merah Putih tak setajam sebelumnya. Justru permainan Myanmar yang sedikit membaik.

Menit ke-73, Myanmar akhirnya bisa mencetak gol balasan. Mereka menjebol gawang Indonesia melalui sundulan kepala Maung Maung Win. Ia menanduk bola hasil tendangan bebas dari sisi kanan dan mengarahkannya ke tiang jauh. 4-1.

Myanmar kemudian menguasai jalannya laga. Namun mereka kesulitan membangun serangan berbahaya. Justru Indonesia mendapat peluang pada menit ke-84 via tendangan bebas. Sayang peluang itu tak membuahkan gol meski sempat menimbulkan kemelut di kotak penalti lawan.

Kedua tim terus adu serangan sampai akhir dan laga berlangsung intens. Namun pada akhirnya tak ada lagi gol yang tercipta. Timnas Indonesia pun menang 4-1 atas Timnas Myanmar.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-1-4-1): Muhammad Riyandi; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Fachrudin Aryanto; Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Witan Sulaeman; Ezra Walian

Pelatih: Shin Tae-yong

Myanmar (4-3-3): Pyae Phyo Ang; Nyein Chan, Zaw Ye Tun, David Htan, Win Moe Kyaw; Hlaing Bo Bo, Maung Maung Win, Aung Kaung Mann; Yan Naing Oo, Mg Mg Lwin, Suan Lam Mang

Pelatih: Antoine Hey

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR