Indonesia 4-2 Singapura: Tatsuma Yoshida Puji Semangat Tarung Pasukannya

Gia Yuda Pradana | 26 Desember 2021 00:59
Pelatih Timnas Singapura, Tatsuma Yoshida (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia mengalahkan tuan rumah Singapura 4-2 lewat extra time pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2020, Sabtu 25 Desember 2021. Skuad Garuda menang agregat 5-3 dan lolos ke final.

Singapura kalah, sedangkan Indonesia melenggang ke partai puncak. Meski kalah, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, memuji semangat tarung pasukannya. Walau bermain dengan delapan orang, mereka sanggup memberikan perlawanan, bahkan hampir menang.

Empat gol Indonesia didapatkan melalui Ezra Walian menit 11, Pratama Arhan menit 87, Shawal Anuar menit 91 (bunuh diri), dan Egy Maulana Vikri menit 105+2. Dua gol Singapura diciptakan oleh Song Ui-young menit 45+4 dan Shahdan Sulaiman menit 74.

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, melakukan penyelamatan penalti krusial saat mementahkan eksekusi Faris Ramli menit 90+1.

Singapura mengakhiri laga dengan delapan pemain. Tiga pemain mereka dikartu merah di laga ini, yakni Safuwan Baharudin menit 45+2, Irfan Fandi menit 67, dan kiper Hassan Sunny menit 119.

1 dari 2 halaman

Membanggakan

Duel Timnas Indonesia vs Singapura di leg kedua semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

"Yang paling penting adalah hasil akhirnya," kata Tatsuma Yoshida, seperti dilansir situs resmi AFF Suzuki Cup 2020.

"Saya tak mau mencari-cari alasan. Tak ada komplain."

"Hari ini, semua pemain saya tampil bagus. Saya benar-benar bangga pada mereka."

"Saya tak bisa berkata-kata. Saya tersentuh oleh semangat tarung mereka, spirit Singapura mereka, di mana mereka tak menyerah meski kami akhirnya bermain hanya dengan delapan orang. Inilah yang harus kami tunjukkan kepada para fans dan pemain-pemain muda," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Menunggu Vietnam atau Thailand di Final

Prediksi Piala AFF 2020, Vietnam vs Thailand (c) Bola

Indonesia telah memastikan satu tempat di final. Sekarang, Indonesia tinggal menunggu siapa yang akan menjadi lawan mereka.

Semifinal satunya adalah Vietnam vs Thailand. Saat ini, Thailand unggul agregat sementara 2-0 atas Vietnam. Leg kedua akan digelar 26 Desember 2021.

Pemenangnya akan berhadapan dengan Indonesia dalam partai perebutan gelar juara Piala AFF 2020 pada 29 Desember 2021 mendatang.

Sumber: affsuzukicup.com

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR