Indonesia vs Vietnam: Pengganti Lalu Diganti, Mental Ronaldo Kwateh Dianggap Belum Siap

Asad Arifin | 7 Mei 2022 10:19
Aksi Ronaldo Kwateh bersama Timnas Indonesia (c) Dok.PSSI

Bola.net - Ronaldo Kwateh mengalami momen unik pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Grup A SEA Games 2021, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Ronaldo Kwateh masuk sebagai pemain pengganti pada awal babak kedua, tetapi harus diganti oleh Marselino Ferdinan.

Pada laga di Viet Tri Stadium itu, Timnas Indonesia U-23 sebetulnya mampu meladeni permainan taktis Vietnam pada babak pertama. Namun memasuki babak kedua, strategi pelatih Shin Tae-yong dianggap keliru sehingga gawang Adi Satryo bobol tiga kali.

Dari sisi teknik, Raja Isa memuji kejelian Park Hang-seo membaca taktik yang diterapkan Shin Tae-yong. Melihat empat bek Indonesia yang lebih banyak menunggu di area 16 di babak pertama, Park Hang-seo merubah cara bermain timnya, di mana mereka tak lagi banyak melepaskan umpan dari sisi sayap.

"Pemain Indonesia agak lemah dalam duel satu lawan satu. Itulah mengapa Vietnam lebih dominan bermain dengan bola pendek yang cepat di area pertahanan Indonesia. Hasilnya, lini belakang Indonesia terlihat panik dan Vietnam bisa mendapatkan tiga gol di babak kedua," terang Raja Isa kepada Bola.com.

1 dari 2 halaman

Ronaldo Kwateh Belum Siap Mental

Pada laga tersebut, Ronaldo Kwateh tampil pada babak kedua. Performanya, menurut Raja Isa, belum cukup untuk level SEA Games.

Raja Isa juga menyoroti pergantian pemain yang dilakukan Shin Tae-yong di babak kedua yang tidak mampu meningkatkan performa tim. Terutama dengan masuknya Ronaldo Kwateh menggantikan Irfan Jauhari.

"Ronaldo memang memiliki talenta dan sempat dipuji Park Hang-seo. Tapi, secara mental, dia belum siap bermain di level SEA Games. Jadi, wajar kalau Shin Tae-yong menarik keluar Ronaldo," papar Raja Isa.

Di lain pihak, tiga pemain senior Indonesia yakni Marc Klok, Fachruddin Aryanto dan Ricky Kambuaya tidak tampil dengan kemampuan terbaiknya. "Mereka juga gagal menjadi leader di lapangan. Fachruddin malah gagal menghalau bola sehingga Vietnam mendapatkan golnya," pungkas Raja Isa.

2 dari 2 halaman

Jadwal Timnas Indonesia Selanjutnya

Timnas Indonesia U-23 masih menyisakan tiga pertandingan lagi. Ketiga lawan sisa di Grup A terbilang tak sesulit Vietnam.

Pada Selasa (10/5/2022), Timor Leste akan jadi lawan berikutnya. Mereka kalah 0-4 dari Filipina pada laga pertama.

Tiga hari berselang, giliran Filipina yang jadi ujian Timnas Indonesia U-23. Terakhir, ada Myanmar yang acap kali memberikan beban buat Merah Putih.

Disadur dari Bola.com: Abdi Satria/Gregah Nurikhsani, 7 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR