FOLLOW US:


Ini Kelebihan Otavio Dutra Menurut Tim Pelatih Timnas Indonesia

11-08-2019 22:55

 | Ari Prayoga

Ini Kelebihan Otavio Dutra Menurut Tim Pelatih Timnas Indonesia
Otavio Dutra © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Joko Susilo membeber arti penting Otavio Dutra, yang disebut telah mendapat satu posisi di timnya. Asisten pelatih Timnas Indonesia ini menyebut bahwa pemain kelahiran Brasil tersebut memiliki sejumlah kelebihan dibanding para pemain lain.

"Dutra ini kan pemain senior. Pengalamannya pun sangat banyak. Ini tentu akan sangat berharga jika ia bisa menjadi sosok pemimpin, terutama di lini belakang," ucap Joko, pada Bola.net.

"Kami sangat memerlukan sosok seperti dia di lini pertahanan," sambungnya.

Sebelumnya, Dutra sendiri sempat mendapat garansi dari Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, untuk bermain di Skuad Garuda, julukan Timnas Indonesia. Pemain berusia 35 tahun tersebut bakal dipanggil pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Garansi McMenemy tersebut tak lepas dari hampir usainya proses naturalisasi Dutra. Pemain Persebaya Surabaya tersebut telah mendapat persetujuan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia untuk meneruskan proses naturalisasinya.

Bagaimana Joko memandang kehadiran Dutra di Timnya? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Lengkapi Benteng Pertahanan Mereka

Menurut Joko, kehadiran Dutra di timnya merupakan sebuah hal yang sangat positif. Pasalnya, dengan pengalamannya, ia bisa menemani benteng pertahanan Skuad Garuda, yang sejauh ini diisi pemain-pemain muda, macam Hansamu Yama dan Yanto Basna.

"Dua pemain ini masih kerap terbawa jiwa muda. Mereka masih belum terlalu matang sebagai sosok pemimpin," tutur Joko.

"Nah, kehadiran Dutra di sini akan membuat para pemain tersebut punya sosok pemimpin," pelatih berusia 48 tahun tersebut menambahkan.

2 dari 2

Bantu Bangun Serangan

Selain jiwa kepemimpinan, ada lagi kelebihan Dutra, yang diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia. Kelebihan tersebut, menurut Joko, adalah kemampuan pemain bertinggi 1,88 meter ini untuk memulai dan terlibat aktif dalam serangan.

"Kelebihan inilah yang sangat kami butuhkan," papar Joko.

"Sementara, untuk kemampuan lainnya, Dutra tak berbeda jauh dari pemain-pemain yang sudah ada," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)