Karma is Real! 'Permainkan' Indonesia di Piala AFF U-19, Vietnam Menderita di Piala AFF U-16

Richard Andreas | 12 Agustus 2022 23:05
Duel Indonesia U-16 vs Vietnam U-16 di Final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8/2022) (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Vietnam harus rela menelan karma ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia. Jumat (12/8/2022) malam, Timnas Indonesia U-16 menundukkan Vietnam untuk jadi juara Piala AFF U-16 2022.

Kemenangan Garuda Muda kali ini datang lewat gol tunggal Kafiatur Rizky di ujung babak pertama. Skor 1-0 sudah cukup untuk membawa timnas muda jadi juara ASEAN.

Kemenangan ini tentu disambut positif oleh publik sepak bola Indonesia. Terlebih, hasil ini bisa mengobati kekecewaan terkait kegagalan di Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu.

Saat itu, Indonesia sebenarnya jadi salah satu favorit juara, tapi mereka gagal lolos ke fase gugur karena Vietnam dan Thailand bermain aman di laga pemungkas fase grup.

Oleh sebab itu, tentu kemenangan atas Vietnam di kelompok usia yang lebih muda ini bisa jadi pelipur lara yang memuaskan pendukung setia Timnas Indonesia.

1 dari 2 halaman

Ironi di Piala AFF U-19

Kegagalan Indonesia di Piala AFF U-19 kemarin tentu terasa mengecewakan. Betapa tidak, pasukan Shin Tae-yong tampil perkasa sejak awal, termasuk menghajar Myanmar 5-1 di laga penutup Grup A.

Sayangnya hasil tersebut sia-sia saja. Sebab dalam pertandingan yang digelar bersamaan, Vietnam U-19 dan Thailand U-19 berbagi skor 1-1.

Timnas Indonesia U-19 menempati peringkat ketiga dalam klasemen Grup A. Garuda Nusantara memiliki 11 poin, sama seperti poin yang dimiliki oleh Vietnam dan Thailand.

Namun, Vietnam dan Thailand lebih berhak lolos ke babak semifinal karena mereka unggul dalam aturan agresivitas gol dalam hasil laga yang mempertemukan ketiga tim dengan poin yang sama tersebut.

Kegagalan Timnas Indonesia U-19 melaju ke semifinal cukup ironis. Selain karena berstatus sebagai tuan rumah, Hokky Caraka dan kolega juga berstatus sebagai tim paling produktif selama fase grup di Piala AFF U-19 2022.

2 dari 2 halaman

Balas di U-16

PSSI sempat mengajukan protes kepada AFF terkait dugaan main mata antara Thailand dan Vietnam, tapi hasil investigasi menunjukkan tidak ada tanda-tanda pelanggaran aturan.

Biar begitu, kesempatan lain datang bagi timnas Indonesia. Kelompok tim U-16 berhasil melangkah sampai ke final dan harus berhadapan dengan Vietnam, Jumat (12/8/2022).

Karma seolah-olah bicara, tim U-16 berhasil membayar lunas kekecewaan tim U-19.Timnas Indonesia U-16 menang tipis 1-0 atas Vietnam dalam partai puncak Piala AFF U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Perjalanan Timnas Indonesia U-16 ke tangga jawara Piala AFF U-16 terasa sempurna. Pasalnya, Garuda Asia selalu memenangkan pertandingan sejak babak penyisihan.

Untuk kedua kalinya, Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16. Sebelumnya, Garuda Asia pernah keluar sebagai kampiun pada edisi 2018.

Sumber: Bola, Bola.com

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR