Leg 1 Final Piala AFF 2020: Drama & Detik-detik 4 Gol Thailand yang Hancurkan Timnas Indonesia

Dimas Ardi Prasetya | 29 Desember 2021 22:25
Supachok Sarachat melepas crossing melewati Rachmat Irianto pada leg pertama final Piala AFF 2020 (c) AP Photo

Bola.net - Timnas Indonesia kalah telak dari Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020. Bermain di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021) malam WIB, skuad Garuda takluk dengan skor 0-4.

Ada drama dalam proses terjadinya gol-gol Thailand. Empat gol yang bersarang di gawang Timnas Indonesia diciptakan oleh Chanathip Songkrasin dua gol, Supachok Sarachat, dan Bordin Phala.

Pertandingan sepenuhnya menjadi milik Thailand. Skuat Garuda seolah tidak mampu mengimbangi permainan dari Negeri Gajah Putih.

Hal itu bisa dilihat dari penguasaan bola sepanjang 90 menit pertandingan. Thailand mendominasi penguasaan bola sampai 70 persen.

Lantas, seperti apa drama empat gol Thailand ke gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Nadeo Argawinata? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 0-1 Thailand

Thailand mengawali pertandingan dengan langsung menerapkan permainan menyerang. Hasilnya, satu serangan dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia berhasil menembus kotak penalti.

Gol berawal dari kurang sigapnya Mohammad Edo Febriansyah menyambut intersep dari Rizky Ridho di sisi kiri. Bek tengah Thailand, Philip Roller yang ikut maju ke depan berhasil merebut bola.

Ia langsung menusuk ke kotak penalti. Rachmat Irianto yang coba menghadang tidak mampu menahan gerakan Philip Roller.

Philip Roller kemudian menyodorkan bola kepada Chanatip Songkrasin yang berdiri bebas di kotak penalti. Lewat tembakan yang terarah, bola merobek gawang Nadeo pada menit kedua.

Cuplikan Gol:

2 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 0-2 Thailand

Chanatip Songkrasin kembali menjadi mimpi buruk buat Timnas Indonesia. Ia mencetak gol kedua untuk mengubah skor menjadi 2-0 pada menit ke-52.

Gol berawal dari serangan Timnas Indonesia yang patah di kotak penalti. Transisi permainan yang cepat dari bertahan ke menyerang membuat gawang skuad Garuda koyak.

Saat pertahanan Thailand berhasil merebut bola, langsung dikirim kepada Pokklaw Anan. Dari situ, bola disodorkan kepada Chanatip Songkrasin dan dioper kepada Supachok Sarachat.

Tanpa ragu, ia masuk ke kotak penalti lalu menggoceknya, setelah itu balik badan dan bola diumpan kepada Chanatip Songkrasin yang sudah membuntuti di belakang. Lewat sepakkan terukur, bola ditempatkan ke pojok kanan gawang dan gol.

Cuplikan Gol:

3 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 0-3 Thailand

Kali ini, giliran Supachok Sarachat yang menghadirkan petaka langsung buat Timnas Indonesia. Ia mencetak gol ketiga buat Thailand pada menit ke-67.

Gol berawal dari serangan dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia. Tampaknya, pertahanan kiri skuad Garuda menjadi titik lemah dalam pertandingan ini.

Apakah ini karena absennya bek kiri Pratama Arhan? Bisa ya, bisa tidak.

Tapi yang pasti, dari sektor ini tercipta gol-gol Thailand. Umpan tarik Philip Roller dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia menemukan ruang kosong.

Di sana, Pokklaw Anan yang tidak disangka melewatkan bola itu karena melihat Supachok Sarachat sudah dalam posisi tembak yang baik. Benar saja, ruang tembak yang luas membuat Supachok Sarachat gampang mengarahkan bola mendatar ke sisi kanan Nadeo.

Cuplikan Gol:

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia 0-4 Thailand

Gawang Timnas Indonesia kembali koyak pada menit ke-83. Kali ini lewat Bordin Phala.

Gol itu tercipta berkat assist dari Worachit Kanitsribumphen. Gol keempat Thailand jelas terlihat karena koordinasi pertahanan Timnas Indonesia yang kacau.

Tampaknya disebabkan karena panik lantaran sudah tertinggal 0-3. Dalam kekacauan itu, para pemain Thailand berhasil mencuri gol.

Pertahanan Timnas Indonesia tampak seperti diam terpaku. Dari dalam kotak penalti, Bordin Phala berhasil memperdaya Nadeo, dan Thailand menang 4-0.

Cuplikan Gol:

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR