FOLLOW US:


Lobi PSSI ke FIFA Berhasil, Ezra Walian Bisa Perkuat Timnas Indonesia

14-06-2021 17:35

 | Serafin Unus Pasi

Lobi PSSI ke FIFA Berhasil, Ezra Walian Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Ezra Walian © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Ezra Walian sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang resmi FIFA. Pergantian asosiasinya telah disetujui oleh Komite Status Pemain FIFA.

Pengesahan itu tak lepas dari lobi PSSI. Sebelum Ezra diputuskan boleh memperkuat Timnas Indonesia di event resmi FIFA, PSSI saling berkirim surat dengan otoritas tertinggi sepak bola dunia itu.

"Ezra Walian dapat kembali membela Timnas Indonesia. Hal ini seusai FIFA melalui Komite Status Pemain mengirimkan surat kepada PSSI, Senin (14/6/2021)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI.

"Surat dari FIFA tentang keputusan dari Komite Status Pemain mengenai status pemain tersebut. Putusan tersebut menyatakan bahwa permohonan PSSI untuk perubahan asosiasi atas nama pemain Ezra Walian diterima, dan Ezra Walian berhak memiliki kesempatan membela skuad Timnas Indonesia di turnamen apapun."

"PSSI bersyukur proses administrasi Ezra Walian akhirnya dapat terselesaikan dengan baik, dan cepat ditanggapi oleh FIFA," tambah Yunus.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Perkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2017

Ezra, sedianya pernah memperkuat Timnas Indonesia U-22 saat SEA Games 2017. Ajang itu merupakan turnamen pertamanya setelah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Maret 2017.

Ezra bisa bermain di SEA Games 2017 karena turnamen itu bukan ajang resmi FIFA. Statusnya baru dipermasalahkan saat Kualifikasi Piala AFC 2020 karena ia pernah memperkuat Timnas Belanda kelompok usia.

Sebelum berganti paspor menjadi WNI, Ezra pernah bermain untuk Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17. Ia bahkan memperkuat Timnas Belanda U-17 di Kualifikasi Piala Eropa U-17.

(Bola.net/Fitri Apriani)