FOLLOW US:


Malaysia Airlines Sediakan Pesawat Khusus untuk Timnas Malaysia, Timnas Indonesia Kapan?

06-10-2020 16:40

 | Afdholud Dzikry

Malaysia Airlines Sediakan Pesawat Khusus untuk Timnas Malaysia, Timnas Indonesia Kapan?
Bocoran pesawat khusus untuk Timnas Malaysia yang disediakan Malaysia Airlines. © instagram/theaseanfootball

Bola.net - Malaysia Airlines dikabarkan menyediakan pesawat dengan livery khusus untuk Timnas Malaysia. Namun, belum diketahui apakah pesawat berjenis Boeing 737-800 akan digunakan sebagai angkutan khusus tim berjuluk Harimau Malaya itu.

Kabar itu diketahui dari sejumlah postingan yang beredar di dunia maya. Diketahui pesawat milik Malaysia Airlines itu bernuansa kuning dan menggunakan livery khusus dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Pada bagian depan pesawat, terdampat siluet gambar harimau yang menjadi ciri khas Timnas Malaysia. Pesawat ini kabarnya bisa menampung sampai 189 orang. Jumlah itu sangat cukup untuk membawa romongan pemain, pelatih, ofisial, pejabat FAM, sponsor, hingga media.

Pesawat tersebut saat ini masih terparkir pada sebuah hanggar di Kuala Lumpur International Airport. Belum diketahui kapan pesawat kebanggaan masyarakat Malaysia itu akan diperkenalkan ke publik.

Malaysia Airlines memang menjadi satu di antara sponsor utama dari Timnas Malaysia. Pasukan Tan Cheng Hoe selalu menggunakan maskapai tersebut ketika melakoni laga tandang ke luar negeri.

Jika benar pesawat itu akan digunakan khusus untuk Timnas Malaysia, langkah yang diambil Malaysia Airlines tentu patut ditiru. Sehingga para pemain tidak akan terjebak dalam penerbangan transit jika harus melalui laga tandang yang jauh.

Adanya pesawat khusus untuk Timnas Malaysia tentu menjadi tamparan buat bangsa Indonesia. Sebagai negara tetangga yang selalu bersaing, Indonesia akan tertinggal secara gengsi dan harga diri saat Timnas Indonesia masih harus menggunakan pesawat komersial ketika melakukan perjalanan tandang.

1 dari 2

Hal Lumrah

Penggunaan pesawat khusus yang bernuansa livery tim nasional sebenarnya sudah hal lumrah dalam sepak bola. Beberapa tim nasional di dunia kerap menjalin kerja sama dengan perusahaan penerbangan milik pemerintah atau swasta.

Kerja sama seperti ini sangat menguntungkan untuk kedua belah pihak. Perusahan penerbangan akan terbantu citranya melalui layanan pemasaran yang bisa melibatkan para pesepak bola.

Selain itu, tentu kerja sama dengan perusahaan penerbangan akan membantu federasi memangkas biaya perjalanan. Selain itu, mereka akan disediakan pesawat khusus yang menggunakan livery para pemain untuk menjadi alat transportasi dalam melakukan laga tandang.

2 dari 2

Disadur dari: Bola.com (Rizki Hidayat/Benediktus G.P)

Published: 6/10/2020