FOLLOW US:


Menakar Kepantasan 8 Pemain Timnas Indonesia U-19 dalam Skuad Proyeksi SEA Games 2021

08-02-2021 23:51

 | Dimas Ardi Prasetya

Menakar Kepantasan 8 Pemain Timnas Indonesia U-19 dalam Skuad Proyeksi SEA Games 2021
Timnas Indonesia U-19 © dok. PSSI

Bola.net - Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memasukkan delapan pemain Timnas Indonesia U-19 ke dalam skuad proyeksi SEA Games 2021. Mereka masuk dalam pemanggilan untuk pemusatan latihan (TC) mulai Senin (8/2/2021), hingga 28 Februari mendatang, di Jakarta.

Delapan pemain tersebut yaitu Erlangga Setyo, Rizky Ridho, Pratama Arhan, Bagas Kaffa, Genta Alparedo, Irfan Jauhari, Braif Fatari, dan Saddam Gaffar.

Mereka tentu usianya masih jauh dari kelompok umur yang dipertandingkan di SEA Games 2021. Untuk ajang multi event tersebut, skuad yang diturunkan sesuai regulasi adalah U-22, dengan sisipan tiga pemain senior.

Maka dari itu, delapan pemain tersebut pasti memiliki kemampuan di atas rata-rata, sehingga dapat kepercayaan dari Shin Tae-yong untuk bersaing dengan para pemain yang usianya ada di atas mereka.

Pertanyaannya sekarang, sepantas apa mereka diberi kesempatan untuk bersaing masuk dalam skuad proyeksi SEA Games 2021 yang akan berlangsung di Vietnam, pada 21 November sampai 2 Desember mendatang? Mari kita bedah satu per satu.

1 dari 8

Erlangga Setyo

Tinggi badannya mencapai 192 sentimeter. Begitu tinggi menjulang di usia yang baru akan 19 tahun pada 16 April 2021.

Erlangga bermain di posisi kiper, dan memperkuat Persib Bandung di Elite Pro Academy (EPA). Dengan modal postur seperti itu, ia punya keunggulan dalam bola-bola atas.

Postur tubuh yang tinggi adalah modal besar untuk pemain di posisi kiper. Oleh sebab itu, Erlangga sangat layak untuk bersaing memperebutkan kursi penjaga gawang Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2021.

2 dari 8

Rizky Ridho

Dia adalah pemain yang beberapa kali dipercaya Shin Tae-yong sebagai kapten Timnas Indonesia U-19 dalam beberapa uji coba selama TC di luar negeri. Tidak heran bila kepercayaan itu berbuah undangan untuk ikut TC tim nasional proyeksi SEA Games 2021.

Rizky merupakan pemain yang menempati posisi pemain belakang, tepatnya sebagai bek tengah. Ia mentas bersama Persebaya Surabaya di kompetisi EPA.

Pemain yang mengidolakan legenda bek tengah Persebaya, Bejo Sugiantoro ini gaya bermainnya tidak kenal kompromi. Namun performanya kalem, dan tidak kasar.

3 dari 8

Pratama Arhan

Lemparan ke dalam sampai ke mulut gawang adalah spesialisasinya. Dalam uji coba selama TC di Kroasia tahun lalu, praktik itu beberapa kali membuahkan gol.

Nah, tampaknya Shin Tae-yong tidak mau ketinggalan mengangkut Pratama Arhan dalam persaingan proyeksi SEA Games 2021. Bisa jadi karena servis lemparan ke dalam itu akan membantu tim.

Yang pasti, Arhan layak mendapat kesempatan bersaing masuk dalam skuad utama untuk SEA Games 2021. Selain lemparan ke dalam yang akurat, pergerakannya di sisi kiri lapangan permainan begitu memikat.

4 dari 8

Bagas Kaffa

Kembaran Bagus Kahfi ini setia di posisi bek kanan. Saat masih bersama saudara kembarnya di Timnas Indonesia U-16 dan U-19, Bagas menjadi penyuplai sehati.

Bagas termasuk pemain yang memiliki kaki-kaki kokoh di barisan pertahanan. Nilai plus lainnya ia tak mudah cedera. Itu sudah terbukti sejak di timnas kelompok umur, ia jarang terdengar mengalami cedera.

Pemain Barito Putera ini juga cakap dalam mencetak gol. Dalam TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, beberapa kali ia mencetak gol. Kemampuan yang komplet untuk menjadi bek sayap.

5 dari 8

Genta Alparedo

Pemain asli Padang ini sebetulnya baru belakangan dapat panggilan di Timnas Indonesia U-19. Tepatnya saat TC periode November - Desember 2020.

Genta adalah pemain Semen Padang U-18. Kariernya berawal di PPLP Sumatra Barat, kemudian terpantau Semen Padang U-18 untuk bermain di EPA.

Performa apiknya bersama Semen Padang di kompetisi tersebut membuat Genta dapat kesempatan dari Shin Tae-yong. Jadi, kesempatan TC untuk SEA Games 2021 layak didapatkannya untuk meyakinkan tim pelatih.

6 dari 8

Irfan Jauhari

Irfan adalah pemain Bali United U-18. Ia bermain sebagai penyerang sayap kanan, namun juga bisa menjadi striker tunggal.

Postur tubuhnya di atas rata-rata. Shin Tae-yong merasa perlu memasukkan Irfan dalam proyeksi SEA Games 2021 karena sudah tahu kualitasnya selama di Timnas Indonesia U-19.

Irfan layak dapat kesempatan bersaing masuk skuad timnas di SEA Games 2021. Alasannya sejak di Timnas Indonesia U-19 mampu memperlihatkan kemampuan yang konsisten di depan Shin Tae-yong.

7 dari 8

Braif Fatari

Pemain ini tidak pernah absen dari pemanggilan Shin Tae-yong dalam TC Timnas Indonesia U-19 sepanjang tahun kemarin. Tidak heran jika punggawa Persija Jakarta U-18 ini lanjut ke TC tim nasional proyeksi SEA Games 2021.

Sebagai pemain di posisi serang, Braif bisa beroperasi sebagai striker murni, penyerang sayap, atau gelandang serang. Kemampuan multitalenta itu menjadi nilai plus untuk bersaing.

Shin Tae-yong tampaknya juga kesengsem dengan kemampuan Braif menjadi pemecah kebuntuan saat gelombang serangan yang dilancarkan tidak kunjung mencetak gol. Hal itu seperti diperlihatkannya saat beberapa kali uji coba di Kroasia.

8 dari 8

Saddam Gaffar

Postur tinggi dengan kemampuan sundulan di atas rata-rata membuat Saddam kembali dipercaya Shin Tae-yong masuk dalam proyeksi SEA Games 2021. Gambaran kemampuan teknis itu sudah diperlihatkan dalam TC Timnas Indonesia U-19 di Kroasia.

Contohnya saat menghadapi Qatar U-19 yang berkesudahan dengan skor 1-1, Saddam menjadi pencetak gol. Ia bisa membentuk trisula tiga penyerang bersama Braif Fatari dan Irfan Jauhari.

Saddam adalah pemain kelahiran Semarang. Ia mentas bersama PSS Sleman U-18 di Kompetisi EPA.

(Bola.net/Fitri Apriani)