FOLLOW US:


Menghitung Peluang Indonesia Lolos ke Piala AFC U-19

12-10-2013 09:38

 | Evan Dimas

Menghitung Peluang Indonesia Lolos ke Piala AFC U-19
Timnas U-19 masih memiliki peluang untuk lolos. © Eggi Paksha
Bola.netBola.net - Timnas Indonesia U-19 harus menang melawan Korea Selatan di babak kualifikasi terakhir Grup G untuk memastikan lolos ke putaran final Piala AFC U-19. Tetapi jika hal itu tidak terjadi pada laga malam hari nanti, tim asuhan Indra Sjafri itu masih memiliki kans untuk lolos lewat jalur runner up terbaik.

Saat ini baik Indonesia dan Korsel sama-sama mengoleksi 6 poin dengan Korsel lebih unggul di selisih gol. Dengan demikian, hasil imbang sudah cukup bagi Korsel untuk lolos ke putaran final Piala AFC U-19 dengan status sebagai juara Grup G.

Sesuai dengan regulasi yang terpampang di situs AFC, ada 16 tim yang nantinya lolos berlaga di putaran final Piala AFC U-19 di Myanmar tahun depan. Komposisinya adalah 9 tim dengan status juara grup, satu milik tuan rumah dan enam sisanya diperebutkan runner-up terbaik.

Sementara untuk menentukan urutan 6 runner up terbaik dari 9 grup, AFC menyiapkan 4 kriteria; jumlah poin, selisih gol, jumlah memasukkan gol, jumlah kartu kuning dan kartu merah yang lebih sedikit. Jika semua 4 kriteria sama, maka jalan terakhir adalah dengan cara diundi.

Tetapi dengan jumlah tim yang bervariasi di tiap grup, (ada tiga hingga lima tim), maka AFC terlebih dahulu akan menyetarakan jumlah tim di tiap grup untuk perhitungan runner up terbaik. Dalam hal ini, semua grup akan dianggap memiliki tiga tim dengan mengacu kepada Grup E yang hanya berisikan tiga tim.

Dengan demikian untuk runner-up di grup yang berisikan empat tim atau lebih, maka poin dan gol yang mereka cetak saat melawan tim urutan ke-4 dan ke-5 akan ditiadakan.

Seperti contohnya pada Grup G yang berisikan 4 kontestan. Jika Evan Dimas nantinya finis sebagai runner up, maka poin dan jumlah gol melawan tim urutan ke-4 atau tim juru kunci tidak akan dihitung. Mengacu kepada hal itu, maka Indonesia lebih diuntungkan jika Laos mengalahkan Filipina di laga pamungkas.

Sebab dengan Laos terhindar dari posisi juru kunci, maka kemenangan 4-0 Indonesia atas Laos akan tetap dihitung. Dengan surplus empat gol, Indonesia tentunya punya peluang cukup besar untuk masuk sebagai satu dari enam runner-up terbaik.

Untuk saat ini baru ada tiga tim yang memastikan diri lolos ke putaran final. Selain tuan rumah Myanmar, Oman, Vietnam sudah memastikan tiket lolos dengan status sebagai juara grup.

Berikut klasemen sementara runner up terbaik kualifikasi AFC Cup U-19:

Grup -- Negara -- Main -- Menang -- Imbang -- Kalah -- (Selisih Gol)-- Poin

A. Uzbekistan 3/ 3/ 0/ 0/ (9-0)/ 9

H. Korea Utara 2/ 2/ 0/ 0/ (10-0)/ 6

F. Australia 3/ 2/ 0/ 1/ (11-5)/ 6

D. Arab Saudi 2/ 2/ 0/ 0/ (7-1)/ 6

G. Indonesia 2/ 2/ 0/ 0/ (6-0)/ 6

I. China 2/ 2/ 0/ 0/ (6-1)/ 6

B. Yaman 3/ 2/ 0/ 1/ (6-3) 6

C. Bangladesh 2/ 1/ 0/ 1/ (1-6) 3

E. Palestina 1/ 0/ 0/ 1/ (0-1) 0