FOLLOW US:


Mental Garuda Nusantara Dinilai Lebih Baik Ketimbang Senior Mereka

15-09-2017 10:05
Mental Garuda Nusantara Dinilai Lebih Baik Ketimbang Senior Mereka
Selebrasi Timnas Indonesia U-19 usai bantai Filipina. © PSSI

Bola.net - Sebuah pujian dialamatkan kepada para penggawa Timnas Indonesia U-19 jelang laga antara mereka dan Timnas Thailand. Garuda Nusantara -salah satu julukan Timnas U-19- dinilai memiliki mental lebih baik ketimbang senior-senior mereka.

"Mental para pemain Indonesia U-19 ini lebih baik daripada pemain senior mereka," ujar Pelatih Arema FC, Joko Susilo.

"Salah satu contohnya, tak seperti seniornya, mereka tidak mau kalah sebelum berperang pada laga lawan Thailand," sambungnya.

Lebih lanjut, pelatih yang karib disapa Gethuk ini membeber analisanya terkait hal ini. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan para penggawa Timnas U-19 belum terlalu sering bertemu dengan Thailand.

"Sementara, pemain senior sudah sering bertemu Thailand, akhirnya mereka punya banyak anggapan macam-macam sebelum bertanding," tuturnya.

"Ini masalah mental. Padahal, jika kita tak berpikir macam-macam seperti itu, kita pasti bisa," tuturnya.

Timnas Indonesia U-19 bakal menghadapi Timnas Thailand pada laga Semifinal Piala AFF U-18 2017. Pertandingan ini akan dihelat di Thuwunna Stadium Yangon Myanmar, Jumat .

Sebelum memastikan diri lolos ke Semifinal, Timnas Indonesia U-19 harus menjalani laga dramatis. Tim yang juga berjuluk Garuda Jaya tersebut sukses mengandaskan Brunei Darussalam delapan gol tanpa balas pada laga pamungkas mereka di Grup B.

Sementara itu, di sisi lain, Gethuk -yang mendapat lisensi A AFC nya di negara tersebut- menilai Thailand memiliki sejumlah kelebihan. Salah satunya, kompetisi mereka lebih berkualitas ketimbang di Indonesia, belum lagi sarana-prasarana yang ada di sana.

"Hal ini berpengaruh pada pemain-pemain muda mereka," tandasnya.