FOLLOW US:


Pergantian Pelatih Tak Ganggu Persiapan Timnas Indonesia Hadapi Malaysia

06-11-2019 18:06

 | Serafin Unus Pasi

Pergantian Pelatih Tak Ganggu Persiapan Timnas Indonesia Hadapi Malaysia
Latihan Timnas Indonesia © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Joko Susilo angkat bicara soal pergantian Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy jelang laga kontra Timnas Malaysia, pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Asisten Pelatih Timnas Indonesia ini menyebut bahwa pergantian pelatih ini bukan alasan bagi Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- untuk seadanya dalam menyiapkan diri.

"Kami tetap akan berusaha sebaik mungkin menyiapkan Timnas Indonesia," ucap Joko Susilo, pada Bola.net.

"Pergantian pelatih adalah hal wajar dalam sepak bola. Saya rasa, tak ada alasan untuk merasa terganggu dengan adanya pergantian pelatih," ia menambahkan.

Sebelumnya, PSSI telah memastikan bakal melengserkan McMenemy dari jabatannya sebagai nakhoda Timnas Indonesia. Pelatih asal Skotlandia ini dinilai gagal membawa Skuad Garuda meraih hasil apik.

Timnas Indonesia akan menghadapi Malaysia pada laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Bukit Jalil Malaysia, Selasa (19/11) mendatang.

Ini merupakan kali kedua Indonesia bertemu dengan Malaysia pada ajang ini. Dalam pertandingan pertama yang dihelat di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (05/09) lalu, Skuad Garuda kalah dengan skor 2-3.

Saat ini, Timnas Indonesia masih terdampar di dasar klasemen Grup G. Dalam empat pertandingan yang sudah dilakoni, mereka belum sekali pun mendapat poin.

Bagaimana optimisme Joko Susilo jelang laga kontra Malaysia di tengah gonjang-ganjing pergantian pelatih? Simak di bawah ini.

1 dari 2

Tetap Optimistis

Sementara itu, Joko menegaskan, adanya perubahan pelatih tak akan membuat keyakinannya tergerus. Pelatih berusia 49 tahun ini mengaku optimistis timnya berpeluang meraih hasil lebih bagus pada pertandingan kontra Malaysia.

"Saya seorang olahragawan. Saya selalu optimistis setiap menghadapi pertandingan," kata Joko.

"Memang kami mendapat hasil buruk pada pertandingan-pertandingan lalu. Namun, ini tak menghantui langkah kami. Kami tetap optimistis bisa meraih hasil baik," sambungnya.

2 dari 2

Siap Jalani Ujian

Lebih lanjut, kendati pelatih anyar baru akan bergabung setelah laga kontra Malaysia, Simon McMenemy sudah tak akan lagi menangani Timnas Indonesia pada laga tersebut. Jika ini benar, artinya Timnas Indonesia akan ditangani duo asisten pelatih, Yeyen Tumena dan Joko Susilo, dan Pelatih Kiper, Alan Haviluddin, pada laga kontra Malaysia.

Joko sendiri mengaku tak mempermasalahkan jika hal ini memang terjadi. Menurutnya, hal tersebut justru akan menjadi motivasi baginya.

"Ini situasi yang wajar. Semua menginginkan kemenangan. Nanti, tentu, jika tak berhasil akan ada imbas berupa pemecatan. Menurut saya, ini akan menjadi motivasi," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)