FOLLOW US:


Petar Segrt: 17 Pemain PSM ke Timnas Musim Ini

15-06-2012 22:57

 | Syamsul Bachri Chaerudin

Petar Segrt: 17 Pemain PSM ke Timnas Musim Ini
Petar berhasil bawa pemain muda PSM ke Timnas © Bola-Landa

Bola.net - Meski musim ini belum bisa membawa PSM Makassar menjuarai Indonesian Premier League (IPL), namun Petar Segrt berhasil membawa para pemain muda mereka menuju Timnas Indonesia.

Pelatih asal Kroasia ini terbilang sukses mengembangkan pemain muda Makassar. Petar sukses mengorbitkan beberapa pemain muda sehingga kini sering dilirik Timnas.

"Kami mengembangkan pemain muda dengan sangat bagus musim ini karena banyak taktik, power dan latihan tim yang berbeda. Di awal musim, para pemain kami belum yang ada mengenalnya. Tapi kini mereka sudah menjelma menjadi bintang," lanjut pelatih berusia 46 tahun itu.

Petar menambahkan bahwa pemainnya perlahan mulai menjadi langganan skuad Timnas. Selama delapan bulan musim ini, Petar mencatat, ada 17 skuad Laskar Ramang yang pernah membela Merah Putih.

"Ini sulit dipercaya, tapi PSSI memanggil 17 pemain PSM untuk Timnas selama musim ini. Kadang kami kehilangan mereka satu atau dua minggu tapi ada juga enam sampai tujuh minggu. Tapi, PSM tetap melakoni laga sesuai jadwal," ungkap Petar.

"Pernah satu pertandingan kami harus kehilangan 12 pemain karena mengikuti seleksi Timnas U-21 dan U-23 atau kemudian membela Timnas untuk suatu laga atau saat melawan Inter Milan. Saya pikir 17 pemain adalah jumlah yang sulit dipercaya dalam 8 bulan," bangganya.

Nama-nama yang pernah dipanggil ke Timnas adalah:
Satrio Syam, Rahmat (Timnas Indonesia)
Ismail, Jufri, Aditya Putra Dewa, Aswar ( U-23)
Guntur, Rasul Z ( U-23 dan timnas)
Rasyid A Bakri, Kurniawan Karman (U-22)
Ahmad Batolla, Fadly, Made, Hasyim Tolle ( U-21)
I Ketut Mahendra (melawan Inter Milan, tidak pergi)
Syamsul Chaerudin (Timnas, menolak)
Kwon Jun (melawan Inter).

"Cristian Febre akan menjadi pemain ke-18. Tapi, saat PSSI memanggilnya untuk laga melawan Inter, dia menolak karena berpikir bahwa laga tersebut membutuhkan pemain Indonesia," ujarnya.

Petar mengatakan bahwa PSM adalah tim dengan mayoritas pemain termuda di Indonesia. Meski berbagai kendala dengan dipanggilnya beberapa pemain ke timnas, tim Juku Eja tetap berjuang keras dan tampil sangat bagus.

Belum lagi masalah keuangan yang membuat tim ini terseok-seok sejak awal musim. Tapi, mereka tetap bertahan hingga saat ini.

"Kami memulai musim ini dengan dana yang kecil, pemain muda, dan kami tahu ini akan berjalan sangat berat. Tapi, kami menumbuhkan semangat juang yang tinggi dan mendapat dukungan yang luar biasa dari suporter sehingga kami bisa meraih hasil baik dalam beberapa laga," ungkap Petar.  (nda/end)