FOLLOW US:


Piala AFF 2018: Vietnam Imbangi Malaysia di Bukit Jalil

12-12-2018 07:52
Piala AFF 2018: Vietnam Imbangi Malaysia di Bukit Jalil
Malaysia vs Vietnam © AFF

Bola.net - Malaysia hanya mampu bermain imbang 2-2 kala menjamu Vietnam dalam partai final leg pertama Piala AFF 2018 yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Selasa (11/12).

Hasil itu menguntungkan Vietnam untuk melakoni laga leg dua yang akan berlangsung di Stadion My Dinh, Hanoi, Sabtu (15/12/2018). Tim berjulukan The Golden Stars itu cukup bermain 0-0 melawan Harimau Malaya untuk meraih gelar juara.

Vietnam tampil menekan sejak awal babak pertama. Pada menit ke-22, Nguyen Huy Hung membuat publik tuan rumah terdiam setelah bola hasil tembakan kaki kanannya gagal diantisipasi kiper Farizal Marlias dan bersarang di tengah gawang Malaysia.

Tiga menit berselang, gilirang Pham Duc Huy yang mencatatkan namanya di papan skor. Pham Duc Huy melepaskan tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok kanan gawang Malaysia.

Memasuki menit ke-36, publik tuan rumah akhirnya bersorak menyambut gol Shahrul Saad. Berawal dari umpan silang Syamer Kutty Abba dari situasi tendangan bebas, Shahrul Saad kemudian melepaskan sundulan dari jarak dekat yang gagal dihadang kiper Vietnam, Dang Van Lam. Skor 1-2 untuk keunggulan Vietnam bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua laga, Vietnam kembali tampil menekan. Pada menit ke-57, Nguyen Tien Linh hampir mencetak gol melalui tendangan dari luar kotak penalti. Namun, bola hasil tembakannya masih bisa ditangkap kiper Malaysia.

Tiga menit berselang, Safawi Rasid membawa Malaysia mengimbangi Vietnam. Safawi Rasid melepaskan tembakan kaki kiri dari situasi tendangan bebas yang mengarah ke pojok kiri bawah. Bola kemudian menghujam gawang Vietnam karena gagal diantisipasi kiper.

Gol tersebut membangkitkan kembali semangat pemain Malaysia. Sejumlah peluang pun hadir dan sempat membuat lini belakang Vietnam jatuh bangun.

Pada menit ke-90+3, Syafiq Ahmad hampir mencetak gol untuk Malaysia. Namun, bola hasil tembakan kaki kirinya dari luar kotak penalti masih mampu dijinakkan kiper Timnas Vietnam. Hingga peluit panjang, tak ada gol tambahan.