Piala AFF 2020: Singapura Didukung Ribuan Suporter, Mental Timnas Indonesia Dilarang Down

Gia Yuda Pradana | 24 Desember 2021 15:23
Aksi suporter Timnas Indonesia (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Gelandang Timnas Indonesia, Ramai Rumakiek menyadari beratnya tekanan bermain di kandang Singapura. Oleh sebab itu, skuad Garuda harus benar-benar mempersiapkan mental.

Timnas Indonesia dan Singapura dipertemukan pada babak semifinal Piala AFF 2020 yang berlangsung dua leg. Dalam pertemuan pertama di National Stadium, Rabu (22/12), kedua tim bermain imbang 1-1.

Hasil seri itu kurang memuaskan bagi Timnas Indonesia. Sebab, pasukan Shin Tae-yong sudah unggul lebih dulu pada menit ke-28 lewat gol Witan Sulaeman, namun Singapura mampu menyamakan kedudukan lewat gol Ikhsan Fandi (70').

Berkaca dari leg pertama, Ramai Rumakiek menilai, mental bermain timnya harus dibenahi pada pertemuan kedua di National Stadium, Sabtu (25/12) besok, mulai pukul 19.30 WIB. Dengan begitu, Timnas Indonesia bisa menyingkirkan tuan rumah Piala AFF 2020 itu dan lolos ke partai final.

"Kami lawan tuan rumah sulit dari segi mental karena adanya dukungan ribuan suporter. Mungkin kami Timnas Indonesia untuk leg kedua harus memperbaiki mental kami. Jadi kami siap melawan Singapura pada leg kedua besok malam," ujar Ramai Rumakiek, saat sesi jumpa pers virtual, Jumat (24/12).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2 halaman

Prediksi Shin Tae-yong

Penggawa Timnas Indonesia merayakan gol Witan Sulaeman ke gawang Singapura di leg pertama semifinal Piala AFF 2020 di National Stadium, Kallang, Rabu (22/12/2021) malam WIB. (c) AP Photo

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memprediksi, laga besok akan berlangsung sengit. Sebab, kedua negara sama-sama mengincar kemenangan untuk mendapat tiket ke partai final.

"Pertandingan leg pertama memang tim kami dan Singapura sama-sama bekerja keras. Tapi hasil pertandingan yang sangat disayangkan," tutur Shin Tae-yong.

"Jadi kami akan lebih berusaha mempersiapkan lebih baik lagi untuk pertadingan di leg kedua besok," imbuhnya.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR