Prediksi SEA Games 2021: Timnas Indonesia vs Malaysia 22 Mei 2022

Asad Arifin | 22 Mei 2022 07:39
Prediksi SEA Games 2021, Timnas Indonesia vs Malaysia 22 Mei 2022 (c) Bola

Bola.net - Timnas Indonesia akan berjumpa Malaysia pada laga perebutan medali perunggu sepak bola SEA Games 2021. Duel antara Indonesia vs Malaysia ini akan dimainkan di Stadion Nasional My Dinh, Minggu (22/5/2022) mulai pukul 16.00 WIB.

Sayang pertemuan kedua tim dari negara bertetangga ini tidak berlangsung dalam laga puncak. Malaysia dan Timnas Indonesia U-23 akan bersaing dalam perebutan tempat ketiga untuk mendapatkan medali perunggu.

Kedua tim sama-sama gagal dalam babak semifinal sepak bola SEA Games 2021. Baik Malaysia maupun Timnas Indonesia U-23 kalah 0-1 lewat babak extra time. Malaysia takluk dari tuan rumah Vietnam, sementara Timnas Indonesia U-23 dibekuk oleh Thailand.

Kendati begitu, laga antara Indonesia vs Malaysia diprediksi akan tetap seru. Sebab, ini adalah laga antara dua tim dengan rivalitas sepak bola yang cukup sengit. Selain medali, ada gengsi yang ikut dipertaruhkan.

1 dari 3 halaman

Malaysia Termotivasi

Pelatih Malaysia, Brad Maloney, menyatakan anak asuhnya bersemangat besar menghadapi Timnas Indonesia U-23. Pelatih asal Australia itu memahami bahwa rivalitas Malaysia dan Indonesia merupakan satu di antara yang terpanas di Asia Tenggara.

"Medali perunggu memiliki banyak arti bagi kami. Indonesia vs Malaysia adalah rivalitas yang spesial. Para pemain selalu lebih termotivasi ketika bermain menghadapi Indonesia, kami siap," ucap Brad Maloney.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi di Piala AFF 2020, di mana laga itu berakhir pilu bagi publik Negeri Jiran. Enam bulan silam, pada Desember 2021, Timnas Indonesia asuhan Shin tae-yong membantai Malaysia dengan skor 4-1. Namun, duel itu terjadi di level senior.

2 dari 3 halaman

Situasi Sulit Timnas Indonesia

Wasit asal Uni Emirat Arab, Yahya Ali Al Mulla memberikan kartu merah kepada Firza Andika di semifinal SEA Games 2021, Kamis (19/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Sementara itu, Shin Tae-uong mengatakan para pemain Timnas Indonesia U-23 mengalami kelelahan mental sebelum menghadapi Malaysia. Hal itu disebabkan karena kekalahan dari Thailand pada semifinal SEA Games 2021 di Thien Truong Stadium, Nam Dinh.

"Para pemain sudah maksimal ketika menghadapi Thailand. Namun, hasilnya tetap kalah. Pastinya para pemain lelah secara mental. Namun, saya sudah memberikan motivasi sekaligus memberikan mereka istirahat total," ujar pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

Kekurangan pemain memang menjadi masalah Timnas Indonesia U-23 saat ini. Selain tiga pemain yang mendapatkan larangan bertanding, Egy Maulana Vikri juga mengalami cedera. Shin Tae-yong juga merasa terbatas dalam memainkan pemain di SEA Games 2021.

Syahrian Abimanyu juga mengalami cedera dan Timnas Indonesia hanya punya 14 pemain tersisa. Dari 14 pemain itu, dua diantaranya adalah kiper.

3 dari 3 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

Malaysia (3-4-3): Azril Ghani (kiper); Azrin Afiq Rusmini, Zikri Khalili, Harith Haikal (belakang); Quentin Cheng, Nik Akif Syahiran, Mukhairi Ajmal Mahadi, Azam Azmi Murad (tengah); Hairiey Hakim Mamat, Danial Asri, Lukman Hakim Shamsudin (depan)

Pelatih: Brad Maloney (Australia)

Timnas Indonesia U-23 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi (kiper); Rio Fahmi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga (belakang); Marc Klok, Asnawi Mangkualam , Marselino Ferdinan (tengah); Witan Sulaeman, Muhamad Ridwan, Saddil Ramdani (depan)

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Disadur dari Bola.com: Aditya Wany/Benediktus Gerendo, 22 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR