FOLLOW US:


PSSI Belum Menerima Surat Resmi FIFA terkait Hukuman Tanpa Penonton dan Denda Rp2,8 Miliar

08-01-2020 19:33

 | Serafin Unus Pasi

PSSI Belum Menerima Surat Resmi FIFA terkait Hukuman Tanpa Penonton dan Denda Rp2,8 Miliar
Timnas Indonesia © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - PSSI belum menerima surat resmi dari FIFA terkait hukuman tanpa penonton, denda Rp 2,8 miliar, dan teguran. Padahal, FIFA telah merilis sanksi tersebut melalui situsnya.

"Besok saya rapatkan dulu untuk langkah yang akan kami ambil terkait hukuman ini," ujar Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Cucu Somantri.

PSSI dihukum FIFA karena perilaku suporter saat melawan Malaysia pada partai kelima Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, 19 November 2019. FIFA menganggap pendukung tim tamu tidak dapat menjaga ketertiban dan keamanan selama pertandingan dan menyalakan serta melempar kembang api plus melakukan perusakan.

Buntutnya, satu pertandingan Timnas Indonesia dilarang dihadiri oleh penonton dan jatuh denda sebesar 200 ribu frenc Swiss alias Rp 2,8 miliar. Ketika dikonfirmasi mengenai denda uang yang dijatuhkan oleh FIFA, Cucu belum dapat memastikan.

"Besok saya akan tanya dulu, karena belum ada surat resmi dari FIFA tentang hal itu," kata Cucu.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Denda Kedua

Timnas Indonesia dijerat dua pasal sekaligus. Pasal 12 dan 16 karena perilaku suporter dan keterlambatan pemain serta ofisial yang menyebabkan waktu kick off tertunda.

Denda ini merupakan yang kedua bagi Timnas Indonesia. Yang pertama ketika menghadapi Malaysia pada partai pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, 5 September lalu. Kala itu, FIFA menjatuhkan sanksi 45 frenc Swiss atau setara dengan Rp 643 juta.

(Bola.net/Fitri Apriani)