PSSI: FIFA Melarang 2 Konser Digelar di SUGBK Sebelum Piala Dunia U-20 2023 Digelar

Serafin Unus Pasi | 30 November 2022 18:08
PSSI: FIFA Melarang 2 Konser Digelar di SUGBK Sebelum Piala Dunia U-20 2023 Digelar
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), salah satu venue yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 (c) Bola.com/Peksi Cahyo

Bola.net - FIFA melarang Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat digunakan untuk dua konser sebelum perhelatan Piala Dunia U-20 2023. Larangan itu tertuang dalam surat FIFA ke PSSI.

Dua konser yang akan digelar di SUGBK sebelum Piala Dunia U-20 2023 digelar yaitu Raisa dan girlband asal Korea Selatan, BLACKPINK.

Konser Raisa dijadwalkan digelar pada 25 Februari 2023. Sementara BLACKPINK rencananya bakal manggung pada 11-12 Maret 2023.

"PSSI sudah mengirimkan surat ke FIFA terkait penggunaan 6 stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 tahun depan di luar untuk kepentingan sepak bola," tulis PSSI, di lamannya, Rabu (30/11/2022).

"FIFA pun sudah menjawab penggunaaan 6 stadion di luar kepentingan sepak bola sebelum Piala Dunia U-20 digelar tidak diperkenankan," lanjutnya.

Adapun, stadion-stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 selain SUGBK yaitu Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Manahan (Solo), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Sementara itu, SUGBK masih boleh digunakan untuk kegiatan sepak bola. PSSI berencana memakai venue berkapasitas 77.193 tempat duduk itu sebagai kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

1 dari 1 halaman

Berikut Surat Balasan FIFA ke PSSI

Kepada Ketua Umum PSSI,

Terima kasih banyak atas pemberitahuan terkait jadwal event yang akan dilaksanakan di Stadion GBK, Jakarta.

Setelah berkonsultasi dengan manajemen lapangan FIFA, kami menginformasikan, bahwa kami tidak dapat menyetujui jadwal yang sudah dijadwalkan.

Mengadakan dua konser dengan beberapa hari penyiapan dan pembongkaran aktivitas di lapangan permainan, tentu ini akan membuat lapangan menjadi 'stres' yang akan menghalangi kami untuk menerapkan program manajemen lapangan sesuai rencana.

Mengingat investasi signifikan yang telah disetujui pemerintah untuk dibelanjakan dalam menyediakan lapangan sepak bola berkualitas tinggi, akan menjadi kontradiktif dengan membiarkan acara ini berlangsung sedekat mungkin dengan turnamen.

Dengan ini kami mohon dengan hormat untuk menyampaikan masukan ini kepada Manajemen Stadion GBK.

Terima kasih banyak, Salam,

Christian Schmolzer

Men’s Tournament Manager FIFA

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR