Rapor Pemain Timnas Indonesia U-19 Saat Imbang Lawan Vietnam: Kakang Bagus, Ronaldo Kurang Tajam

Asad Arifin | 3 Juli 2022 05:16
Aksi Ronaldo Kwateh pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia gagal meraih tiga poin pada laga perdananya di Piala AFF U-19 2022. Berjumpa Vietnam, Garuda Nusantara harus puas bermain imbang 0-0 pada laga di Stadion Patriot, Sabtu 2 Juli 2022 malam WIB.

Indonesia mendapat dukungan penuh dari suporter pada duel lawan Vietnam. Suasana di tribune begitu antusias dalam memberi dukungan. Namun, di atas lapangan, laga harus berakhir tanpa adanya gol.

Turun dengan formasi 3-4-3, Indonesia bermain cukup bagus. Pasukan Shin Tae-yong melepas delapan shots dan tiga diantaranya tepat sasaran. Akurasi umpan Marselino Ferdinan dan kolega mencapai 73 persen, dikutip dari LapangBola.

Akurasi umpan Indonesia memang tidak sebaik Vietnam (79 persen). Akan tetapi, Indonesia lebih banyak melepas umpan dan unggul ball possesion dengan 54 persen. Lantas, bagaimana dengan rapor para pemain Timnas Indonesia U-19?

Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5 halaman

Kiper dan Bek

Timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam di Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun
  • Cahya Supriadi - 7

Pemain Vietnam melepas 10 shots pada laga melawan Indonesia, tapi hanya satu yang tepat sasaran. Momen itu terjadi saat Nguyen Quoc Viet berhadapan satu lawan satu dengan Cahya dari jarak dekat. Cahya mampu menepisnya.

  • Ahmad Rusadi - 6,5

Rusadi bermain penuh pada duel lawan Vietnam. Performanya cukup bagus dan tenang saat duel satu lawan satu.

  • Muhammad Ferarri - 6,5

Ferarri dipercaya menjadi kapten dan mampu menjalankan peran dengan baik. Secara umum, pertahanan Indonesia bermain rapi. Hanya ada satu shots on target ke gawang Indonesia.

  • Dimas Juliono - 6,5

Dimas membuktikan kualitasnya sebagai pemain serba biasa. Kali ini, Dimas bermain sebagai bek tengah. Dimas tampil cukup rapi dan membuat Nguyen Anh Tu tidak punya banyak peluang.

2 dari 5 halaman

Gelandang

Aksi pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan saat melawan Vietnam pada Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun
  • Kakang Rudianto - 7

Kakang bermain sebagai fullback kanan. Ini adalah kejutan besar karena Kakang biasanya bermain sebagai bek tengah. Kakang bermain bagus. Salah satu yang menonjol adalah kemampuan build-up dan dribel untuk membangun serangan.

  • Arkhan Fikri - 6,5

Arkhan berperan sebagai pekerja di lini tengah. Dia menjadi back-up Marselino saat kehilangan bola. Arkhan tampil cukup stabil dan sempat melepas dua shots pada babak pertama.

  • Marselino Ferdinan - 7

Marselino bermain sangat dominan di lini tengah. Pemain 17 tahun menjadi otak serangan Timnas U-19. Akan tetapi, dia bermain terlalu dalam dan umpannya beberapa kali gagal dimengerti rekan satu timnya.

  • Subhan Fajri - 6

Fajri memainkan peran wingback kiri. Eks Persiraja Banda Aceh bermain cukup agresif. Dia beberapa kali melakukan pelanggaran untuk menghentikan upaya serangan lawan.

3 dari 5 halaman

Penyerang

Peluang yang didapat Hokky Caraka saat Timnas Indonesia U-19 melawan Vietnam di laga perdana Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (02/07/2022) malam WIB. (c) Bola.n
  • Alfrianto Nico - 6,5

Nico punya peluang pada menit ke-41. Sepakan yang dilepaskannya tepat sasaran, tetapi belum menjadi gol. Nico tidak bermain buruk, tapi tidak dalam potensi terbaiknya.

  • Hokky Caraka - 6

Hokky bermain sangat ngotot pada laga ini. Dia melakukan duel, pressing, dan punya peluang. Hanya saja, dia harus keluar lapangan lebih cepat karena cedera.

  • Ronaldo Kwateh - 6

Ronaldo berada di bawah performa terbaiknya. Tidak ada dribel atau gerakan membahayakan yang biasanya dia lakukan. Tidak ada peluang berbahaya yang lahir dari aksi Ronaldo.

4 dari 5 halaman

Pemain Pengganti

  • Frezy Al-Hudaifi - 6

Arkhan Fikri yang kelelahan diganti Frezy pada menit ke-75. Dia bermain cukup bagus, tapi tidak terlalu menonjol.

  • Mikael Tata - 6

Tata menggantikan Fajri pada menit ke-75. Hanya saja, dia tidak mampu memberi banyak opsi. Tidak ada satupun ancaman ke gawang Vietnam yang dibuatnya.

  • Teuku Razzaa - 6,5

Pada menit-menit akhir laga, Razzaa punya peluang mencetak gol. Tapi, sepakannya masih melebar. Razzaa tampil cukup impresif sebagai pemain pengganti.

  • Rabbani Tasnim - 6

Rabbani menggantikan Nico pada menit ke-61. Namun, Rabbani kesulitan untuk menemukan ritme permainan. Pada awal-awal masuk lapangan, Rabbani acap kali kehilangan bola.

  • Marcell Januar - 6

Menggantikan Ferarri pada menit ke-49 untuk menempati posisi bek tengah. Januar bermain cukup bagus dan tidak membuat kesalahan fatal.

5 dari 5 halaman

Klasemen dan Klasemen Grup A

Klasemen Grup A

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Regulasi

Nantinya, dua tim paling atas masing-masing klasemen akan lolos ke babak semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B di babak semifinal. Sementara, juara Grup B akan berjumpa runner-up Grup A.

Tim yang menang pada babak semifinal akan berjumpa di final untuk berebut gelar juara. Sementara, tim yang kalah akan berebut posisi ketiga.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR