FOLLOW US:


Resmi, 2 Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda

17-02-2021 20:27

 | Serafin Unus Pasi

Resmi, 2 Laga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Ditunda
Suporter Timnas Indonesia © Bola.com/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi menunda dua laga Timnas Indonesia pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G melawan Thailand dan Uni Emirate Arab (UEA). Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena pandemi COVID-19.

Pertandingan antara Timnas Indonesia versus Thailand dan UEA semula dijadwalkan digelar pada Maret 2021. Tapi karena pandemi COVID-19 masih melandai di seluruh dunia, maka dua pertandingan tersebut digeser pelaksanaannya ke Juni.

Laga melawan Thailand seharusnya digelar pada 25 Maret. Sementara duel kontra UEA lima hari berselang.

Nah setelah adanya putusan dari AFC, pertandingan versus Thailand akan dimainkan pada 3 Juni. Sedangkan laga melawan UEA delapan hari berselang.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 2

PSSI Setuju

Putusan AFC tersebut sudah disetujui oleh negara-negara peserta Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Tak terkecuali kontestan grup G yaitu Indonesia, Vietnam, UEA, Thailand, dan Malaysia.

Tak hanya menunda pertandingan, AFC juga memutuskan menggelar Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di satu lokasi. Untuk tuan rumahnya akan dibidding pada 19 Februari.

‘’Keputusan ini setelah PSSI dan negara-negara lain berdiskusi dan mendengarkan argumentasi dari AFC melalui virtual meeting," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI, Rabu (17/2).

"Ini tentu semua terkait dengan pandemi COVID-19 yang belum mereda dan beberapa negara tentu akan kesulitan masuk ke negara lain terkait protokol kesehatan setiap negara,’’ katanya menambahkan.

2 dari 2

Hasil Timnas Indonesia Sebelumnya

Pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia Grup G, Timnas Indonesia belum pernah meraih kemenangan. Dari lima laga yang dijalani, semuanya berakhir dengan kekalahan.

Hasil minor pertama didapat saat menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, pada 5 September 2019. Kala itu, Timnas Indonesia kalah 2-3.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia takluk dari Thailand di SUGBK. Pada pertandingan tersebut, skuad Garuda yang kala itu dilatih Simon McMenemy kalah telak 0-3.

Kekalahan di dua laga kandang merembet ke partai away. Bertandang ke Stadion Al Maktoum, Dubai, pada 10 Oktober 2019 untuk UEA, Timnas Indonesia takluk dengan skor telak, 0-5.

Lima hari berselang, Timnas Indonesia dipermalukan tamunya, Vietnam 1-3 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Terakhir, skuad Garuda kalah 0-2 dari tuan rumah, Malaysia, di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada 19 November 2019.

Lima hasil minor itu membuat Timnas Indonesia berada di posisi buncit klasemen sementara Grup G dengan nihil poin. Peluang skuad Garuda untuk melaju ke fase berikutnya pun tipis.

(Bola.net/Fitri Apriani)