FOLLOW US:


Review AFF U-19: Ketat, Vietnam Menang Tipis Atas Thailand

10-09-2013 17:33
Review AFF U-19: Ketat, Vietnam Menang Tipis Atas Thailand
Nguyen Van Toan cetak dua gol © Fajar Rahman
Bola.net - Melalui pertandingan ketat, Vietnam akhirnya mampu menang tipis atas Thailand 3-2 pada laga perdana Grup B Piala AFF U-19 di Stadion Petrokimia, Senin (10/9).

Vietnam yang merupakan salah satu tim favorit di Grup B ini dikejutkan dengan gol cepat Chaiyawat Buran saat laga baru berjalan dua menit. Namun kemudian mereka mampu bangkit dan memberondong Thailand dengan tiga gol.

Gol Cong Phuong di menit ke-12 menjadi titik balik Vietnam. Empat menit kemudian, giliran Nguyen Van Toan yang membawa Vietnam berbalik unggul 2-1. Skor 3-1 untuk Vietnam menjadi akhir babak pertama ketika Van Toan mencetak brace-nya semenit sebelum turun minum.

Thailand kembali mencoba mengejar ketertinggalannya di babak kedua. Tapi tempo lambat yang diperagakan Vietnam membuat Gajah Putih kesulitan mengembangkan permainan.

Vietnam bisa saja menambah keunggulannya di menit ke-62 ketika winger mereka Pham Duc Huy tinggal berhadapan dengan kiper Anusit Termee. Namun, tendangan lemah mendatarnya malah membentur tiang kiri gawang Thailand.

Pelatih Vietnam, Grachen Guillaume kemudian menyimpan Van Toan dan menggantinya dengan Hoang Thanh Hung di menit ke-72. Vietnam mencoba mengendurkan tekanan.

Hal itu bisa dimanfaatkan oleh Thailand. Pada menit ke-85 mereka mampu memperkecil jarak menjadi 3-2 melalui pemain penggantinya, Supravee Miprathang.

Tiang gawang sebelah kiri lagi-lagi menjadi penyelamat Thailand. Kali ini melalui tendangan Lam Thi Phong di penghujung laga. Tambahan waktu empat menit yang diberikan tak mampu mengubah keadaan. Skor 3-2 tetap bertahan dan tiga angka pertama Grup B menjadi milik Vietnam.