FOLLOW US:


Review: Indonesia Gagal Taklukkan Arab Saudi

23-03-2013 21:04

 | Boaz Solossa

Review: Indonesia Gagal Taklukkan Arab Saudi
Skuad Indonesia saat melawan Irak. © AFP

Bola.net - Sempat unggul cepat melalui gol Boaz Solossa, Indonesia akhirnya dipaksa menyerah 1-2 dari tamunya, Arab Saudi. Kedua tim bermain imbang 1-1 di babak pertama sebelum Arab berbalik unggul di menit ke-56 yang bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Dukungan suporter merah-putih di Stadion SUGBK memberikan dampak positif bagi skuad Garuda. Mengambil inisiatif menyerang sejak menit awal, Indonesia mampu unggul cepat di menit ke-5 melalui kapten Boaz Solossa.

Dalam keadaan tertinggal, Arab Saudi meningkatkan tempo serangan. The Green Falcon berupaya mendikte permainan dengan mendominasi lini tengah.

Konstan menyerang, Arab Saudi akhirnya mampu menyamakan kedudukan di menit ke-13. Sundulan Yahia Sulaiman memanfaatkan umpan silang dari sisi kanan pertahanan Indonesia tak mampu dihalau Meiga.

Arab Saudi terus tampil dominan, di menit ke-22 tim tamu memiliki kesempatan emas ketika Yousef AlSalem lepas dari pengawalan dan tinggal berhadapan dengan Kurnia Meiga. Tetapi Yousef terlebih dahulu terjebak dalam posisi offside. Dua menit berselang giliran Taiseer Al Jassam yang melepas tendangan, namun masih bisa dihalau Meiga.

Indonesia berupaya mencuri peluang melalui serangan balik cepat. Di menit ke-29 sundulan Sergio van Dijk hampir saja menjebol gawang Arab saudi jika tidak ditepis kiper Waleed Abdullah.

Di penghujung babak pertama, kedua tim sempat mempunyai peluang namun tidak ada yang berbuah gol. Alhasil skor 1-1 bertahan hingga jeda turun minum.

Awal babak kedua, Arab Saudi tidak menurunkan tempo permainan. Akibatnya Indonesia kerap kesulitan untuk bisa mengimbangi lini tengah tim tamu.

Derasnya serangan Arab akhirnya membuahkan hasil di menit ke-56. Memanfaatkan umpan silang, Yousef AlSalem mampu menanduk bola menjebol gawang Kurnia Meiga.

Berupaya mengejar ketertinggalan pelatih Rahmad Darmawan memasukkan Greg dan Irfan Bachdim menggantikan Greg dan Kabes. Namun di tengah upaya bangkit, Indonesia dikejutkan dengan serangan kilat Arab di menit ke-77. Beruntung Meiga masih sigap menepis bola keluar lapangan.

Indonesia mendapat peluang emas di menit ke-86. Sayangnya sundulan Van Dijk hanya tipis berada di atas mistar gawang Arab. Tak menyerah, Ahmad Bustomi dimasukkan untuk mengejar ketertinggalan. Namun skor 2-1 untuk keunggulan Arab Saudi bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.    (bola/mac)