FOLLOW US:


4 - 1

Kompetisi: Asian Games 2014
Tanggal: 26 September 2014
Kick-off: 18:00 WIB
Venue: Goyang

Review: Korea Utara Pulangkan Garuda Muda

26-09-2014 19:52

 | Fandi Eko Utomo

Review: Korea Utara Pulangkan Garuda Muda
Garuda Muda harus pulang dari Asian Games 2014 © AFP
Bola.net - Langkah Indonesia di cabang sepak bola Asian Games 2014 harus terhenti sampai babak 16 besar saja. Bertemu Korea Utara (Korut) di Goyang Stadium, Jumat (26/09), skuat Garuda Muda harus pulang karena kalah 1-4.

Merasa unggul dalam postur, Korut gemar melancarkan serangan udaranya pada menit-menit awal. Tak menunggu lama, gol Korea melalui sundulan akhirnya lahir pada menit ke-19. Memanfaatkan crossing Sim Hyonjin dari sisi kiri, sundulan Pak Kwang Ryong membawa Korut unggul 1-0.

Indonesia mencoba membalas gol tersebut. Skema serangan Timnas U-23 memang berjalan akhirnya. Namun tak sampai menghasilkan peluang atau pun tendangan ke arah gawang.

Korut harus menarik keluar Ri Hyokchol karena cedera pada menit ke-38. Namun, hal ini seolah menjadi berkah mereka. Jo Kwang yang masuk menggantikan Hyokchol malah menggandakan keunggulan Korut menjadi 2-0 dua menit kemudian.

Indonesia yang masih belum bangkit harus terpana. Semenit kemudian, atau tepatnya pada menit ke-41, giliran Jong Ingwan yang membawa Korut unggul 3-0 hingga jeda.

Timnas U-23 baru bangkit di babak kedua. Serangan yang dibangun memang belum membuahkan peluang, namun setidaknya Indonesia mulai mengendalikan permainan.

Gol balasan Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-60. Berawal dari tendangan keras Achmad Jufriyanto dari luar kotak penalti, Fandi Eko Utomo yang tak terjaga dengan mudah memperkecil ketertinggalan menjadi 1-3.

Skor tersebut tak bertahan lama. Tujuh menit berselang, Jong Ingwan kembali mencetak gol untuk Korut memanfaatkan kemelut di depan gawang Indonesia. Skor berubah 4-1.

Meski Aji Santoso melakukan beberapa rotasi dengan memasukkan Rasyid Bakri dan Yandi Sofyan, namun skor 4-1 tak berubah hingga laga usai. Garuda Muda pun pulang dan Korut melenggang. Di perdelapan final, Korut akan berhadapan dengan Uni Emirat Arab.