FOLLOW US:


Review: Pelajaran Besar Dari Kekalahan Besar

08-10-2010 22:03

 | Luis Suarez

Review: Pelajaran Besar Dari Kekalahan Besar
Boaz Solossa

Bola.net - Tim nasional Indonesia harus berjuang keras melawan salah satu tim semi finalis Piala Dunia, Uruguay di laga persahabatan yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Uruguay yang berada di peringkat 7 FIFA, berbeda 124 peringkat dengan Indonesia yang berada di peringkat ke-131, seperti ingin menunjukkan bahwa mereka memang berada di atas Indonesia.

Tim Biru Langit ini berhasil memberikan shock therapy bagi kiper timnas Markus Haris Maulana di menit ke-2. Namun kesigapan kiper Persib Bandung itu berhasil menggagalkan usaha tim tamu tersebut.

Tampil di hadapan pendukungnya seperti mendapat suntikan motivasi tersendiri bagi tim Garuda. Anak asuh Alfred Riedl ini malah unggul terlebih dahulu melalui kaki Boaz Salossa di menit 18. Umpan manis Bambang Pamungkas berhasil ia manfaatkan dengan baik untuk memperdaya kiper Uruguay, Juan Castillo.

Tertinggal satu gol, membuat semangat anak asuh Oscar Tabarez terlecut, kini mereka berganti menggempur pertahanan Indonesia. Namun gemilangnya penampilan Markus membuat gol Uruguay tak jua tercipta hingga tengah waktu babak pertama. Tercatat kiper plontos Indonesia itu berhasil menyelamatkan 4 peluang emas La Celeste.

Gol bagi tim tamu baru tercipta di menit ke-35 melalui tandukan Edinson Cavani. Uruguay malah mampu membalikkan keadaan dengan unggul 2-1 di menit ke-43, melalui Luis Suarez. Dengan aksi cantiknya, pemain Ajax ini berhasil melewati Nova Arianto untuk kemudian memperdaya Markus. Skor 1-2 bertahan hingga turun minum.

Babak kedua merupakan babak yang sama sekali tidak diinginkan bagi Indonesia. Mereka menjadi bulan-bulanan pemain Uruguay yang berhasil mencetak 5 gol di babak ini. Dua gol Suarez (54',69'), dan dua gol Cavani (80',83') membuat keduanya mencetak hat-trick dalam laga ini. Satu gol lain dicetak oleh Sebastian Eguren di menit ke-58.

Kekalahan besar ini merupakan pelajaran besar bagi tim nasional Indonesia yang akan segera menghadapi Piala AFF Desember nanti.     (afp/fjr)


Komentar Pembaca (98 komentar)
nur, 25
10:31 02 Maret 2012
peristiwa kekalahan ini jadikan refleksi diri pengurus untuk segera mundur karena kebijakannya nggak mutu.
dhani, jakarta
14:24 28 Oktober 2010
aduhhh......... knapa indonesia boleh kalah????????????
uruguay ga sepatutnya menang
siapa yang sokong aku??
cecep, Ngawi
00:30 12 Oktober 2010
timnas kita hanya kurang mental dan tekniknya saja
dan BePe tuh dah gax layak pake,,masih banyak striker indonesia yang lebih bagus dari dia
ancis, tonsea
10:16 11 Oktober 2010
permainan/tekink timnas udah cukup bagus cuman phisik aja yg kurang mendukung ( buktinya di menit2 awal mereka main bagus / cepat tp pd bbk 2 stamina mereka drop ) n tuk pengurus pssi hrs sadar diri lebih2 si ketum
kus aprianto, Temanggung
09:29 11 Oktober 2010
pemain tim nas sadar diri, segera undur kalian agar segera dicari pengganti..., para punggawa PSSI jangan berlama-lama dalam kebodohan mengelola sepakbola negeri ini... tengak di desa-desa, bakat-bakat alam melimpah.. makanya jangan pentingkan kasak kusuk saaja...