Sandy Walsh Nafsu Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022

Serafin Unus Pasi | 1 Desember 2022 18:24
Sandy Walsh Nafsu Bawa Timnas Indonesia Juara Piala AFF 2022
Sandy Walsh mencium bendera Merah Putih usai resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Pemain naturalisasi asal Belanda, Sandy Walsh memasang target tinggi di Piala AFF 2022. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini ingin membawa Skuad Garuda menjuarai turnamen dua tahunan itu.

Piala AFF 2022 bakal digelar pada 20 Desember 2022 sampai 16 Januari 2023. Timnas Indonesia akan memainkan partai pertamanya di Grup A pada 23 Desember 2022 melawan Kamboja.

"Target saya selalu memenangkan turnamen. Setiap memulai turnamen, kami (Timnas Indonesia) harus punya target setinggi mungkin," ujar Sandy Walsh, disadur dari laman PSSI.

Setelah menjamu Kamboja, tiga hari berselang Timnas Indonesia dijadwalkan bertandang ke markas Brunei Darussalam. Lalu pada 29 Desember 2022, pasukan Shin Tae-yong akan kembali melakoni laga kandang dengan menjamu Thailand.

Pada laga pamungkas Grup A, Timnas Indonesia dijadwalkan bentrok dengan Filipina. Duel ini bakal digelar pada 2 Januari 2023 di kandang lawan.

1 dari 2 halaman

Waktunya Juara

Pada edisi sebelumnya, Timnas Indonesia sebetulnya punya peluang untuk juara. Ketika itu, Skuad Garuda berhasil menembus partai final.

Namun dalam partai final Piala AFF 2020 yang berlangsung dua leg, Timnas Indonesia kalah agregat 2-6 dari Thailand.

Dalam pertemuan pertama yang berlangsung di Stadion Nasional, Singapura, pada 29 Desember 2021, Timnas Indonesia dibantai Thailand 0-4. Lalu pada leg kedua yang digelar tiga hari berselang di venue yang sama, kedua tim bermain imbang 2-2.

"Kita tahu tahun lalu tim ini mencapai final. Itu adalah momen yang hebat dan sekarang waktunya kita memenangkan turnamen itu," kata Sandy Walsh.

2 dari 2 halaman

Ikut Persiapan

Saat ini, Sandy Walsh juga ambil bagian dalam pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2022. TC berlangsung di Bali sejak 28 November 2022.

Ini merupakan kali kedua Sandy Walsh gabung Timnas Indonesia. Sebelumnya, ia sempat ikut TC untuk persiapan menghadapi Bangladesh pada FIFA Matchday periode Juni 2022.

Ketika itu, Sandy Walsh belum mengantungi paspor Indonesia. Ia baru resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 17 November 2022, dan proses perpindahan federasinya disetujui FIFA pada Selasa (29/11).

"Tentu sudah lama saya menunggu momen ini. Saya secara resmi menjadi bagian dari tim Timnas Indonesia," tutur pemain KV Mechelen ini.

"Saya juga sempat ikut TC sebentar di Bandung, tapi sekarang hari yang nyata saya sebagai pemain Timnas Indonesia. Saya merasa sangat senang sejak hari pertama," imbuh Sandy Walsh.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR