FOLLOW US:


Saran Fakhri untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021: Kesampingkan Naturalisasi, Prioritaska

23-06-2020 20:12

 | Serafin Unus Pasi

Saran Fakhri untuk Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021: Kesampingkan Naturalisasi, Prioritaska
Timnas U-19 saat merayakan golnya ke gawang Iran di Stadion Mandala Krida, Yogyakarta, Rabu (11/09/2019). © Bola.com/Vincentius Atmaja

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-19 di Kualifikasi Piala AFC U-19 2020, Fakhri Husaini angkat bicara soal Piala Dunia U-20 2021. Tim asuhan Fakhri itu menjadi prototipe untuk Piala Dunia U-20 2021 yang sekarang ditangani Shin Tae-yong.

Bicara mengenai kesiapan dan kemampuan Indonesia untuk bersaing di Piala Dunia U-20 2021, Fakhri mencoba memberi pendapat. Hal itu ia sampaikan dalam channel YouTube, Hanif & Rendy Show.

"Yang pertama percayalah sama anak putra asli Indonesia. Menggantungkan nasib sepak bola pemain naturalisasi itu bukan prioritas," ujar Fakhri.

Menurutnya, pemain Indonesia di usia 19 dan 20 tahun masih sanggup untuk menghadapi negara manapun. Walaupun ada syarat harus punya standar latihan yang tinggi.

"Kemudian tim itu juga disiapkan secara matang dan semua kebutuhan tim harus dipersiapkan semua," kata pria kelahiran Aceh ini.

Fakhri melihat, pengalaman bahwa banyak juara Piala Dunia U-20 adalah negara yang tidak populer di peta persaingan timnas senior. Ghana, Serbia, Ukraina, Rusia pun pernah juara.

"Pendapat pribadi saya merasa bahwa U-16, U-18, U-20 itu masih berpeluang. Masih bisa, asal mempersiapkan tim sebaik mungkin. Dengan standar latihan tinggi. Tidak ada yang mustahil," ucapnya.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Percaya Produk Dalam Negeri

Di Indonesia ini, kata Fakhri sumber daya pemain begitu melimpah. Apalagi sudah ada kompetisi elite pro, kemudian juga kejuaraan usia muda lainnya.

"Kemudian dari tim yang bermain di kompetisi itu juga banyak pemain di bawah U-20. Jadi masih banyak pemain," tutur pria berusia 54 tahun ini.

Terkait persiapan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan dan Piala Dunia U-20 2021 di Tanah Air, Fakhri punya keyakinan belum terlambat. Tapi, jangan lagi menyia-nyiakan sisa waktu yang ada.

Piala Dunia U-20 2021 dijadwalkan berlangsung pada Mei. Saat ini,.FIFA dan PSSI terus berkoordinasi mengenai penyelenggaraan, terutama setelah tersendat karena pandemi virus corona.

"Saya kira kita masih punya cukup waktu untuk mempersiapkan tim Piala Dunia U-20 itu dengan baik," imbuh Fakhri.

(Bola.net/Fitri Apriani)