SEA Games 2021: Thailand vs Indonesia, Alexandre Polking vs Shin Tae-yong

Gia Yuda Pradana | 18 Mei 2022 12:24
Thailand vs Indonesia: Alexandre Polking vs Shin Tae-yong (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Timnas Thailand U-23 di babak semifinal SEA Games 2021. Pertandingan ini akan digelar di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Kamis (19/5/2022) sore WIB.

Laga ini merupakan ajang reuni bagi pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong melawan pelatih Timnas Thailand U-23, Alexandre Polking.

Semifinal lainnya mempertemukan Vietnam dan Malaysia. Yang menang akan bertemu di final perebutan medali emas, sedangkan yang kalah akan berebut medali perunggu.

1 dari 3 halaman

Piala AFF 2020

Terima kasih sudah berjuang di Piala AFF 2020, Timnas Indonesia (c) Bola

Shin Tae-yong dan Polking sudah pernah bertarung di final Piala AFF 2020 lalu di level Timnas senior. Keduanya memang punya tanggung jawab menukangi beberapa level tim nasional.

Kala itu Polking berhasil mengalahkan Shin. Dalam laga final yang berlangsung dua leg, Thailand yang diasuh Polking mampu menang dengan agregat 6-2.

Tidak bisa dimungkiri, semifinal SEA Games merupakan arena tepat bagi Shin Tae-yong untuk membalas kekalahan di Piala AFF 2020.

2 dari 3 halaman

Alexandre Polking

Pelatih Timnas Thailand di Piala AFF 2020, Mano Polking (c) AP Photo

Sosok yang akrab disapa Mano ini punya karier yang cemerlang sebagai pelatih di Asia. Karier Polking sebagai pelatih dimulai sebagai asisten di tahun 2007. Saat itu ia bekerja di Al Ain.

Ia kemudian pindah ke Thailand pada tahun 2012. Army United adalah klub pertama yang ia tukangi di negara tersebut.

Setelah itu, Polking jadi kian akrab dengan Thailand. Ia mulai dipercaya sebagai asisten pelatih hingga kemudian menjadi pelatih kepala The War Elephant.

Gelar Piala AFF 2020 adalah gelar pertama pelatih asal Brasil itu untuk Thailand. Ia tentu sangat mengejar gelar lain di SEA Games tahun ini.

3 dari 3 halaman

Shin Tae-yong

Shin Tae-yong saat mendampingi Timnas Indonesia di ajang SEA Games 2021 (c) Ikhwan Yanuar

Pelatih asal Korea Selatan ini mulai menukangi Timnas Indonesia di awal tahun 2020. Ia tidak hanya bertanggung jawab menukangi Timnas level senior saja.

Ia juga bertanggung jawab sebagai pelatih kepala di Timnas U-23 dan U-19. Shin ingin membangun kekuatan di sepak bola Indonesia.

Setelah berhasil mengantarkan skuad Timnas Indonesia U-23 menjadi runner-up di Piala AFF 2020 lalu, Shin mengincar prestasi lain.

Prestasi yang dimaksud tentu saja medali emas SEA Games 2021. Peluang itu terbuka lebar. Namun, Garuda Muda harus terlebih dahulu melewati Thailand U-23 semifinal.

Disadur dari: Bola.com/Hendry Wibowo, 18 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR