Shin Tae-yong Ternyata Sempat Tidak Percaya Vietnam dan Thailand bakal 'Main Mata'

Gia Yuda Pradana | 11 Juli 2022 10:38
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menyapa suporter usai pertandingan melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Banyak cerita yang tersisa dari kegagalan Timnas Indonesia U-19 menembus semifinal Piala AFF U-19 2022. Salah satunya adalah tentang Vietnam dan Thailand dan ditengarai 'main mata'.

Timnas Indonesia U-19 menghajar Myanmar 5-1 pada matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022. Namun, Garuda Nusantara gagal lolos ke semifinal. Sebab, Vietnam bermain imbang 1-1 dengan Thailand.

Vietnam dan Thailand lolos sebagai juara dan runner-up Grup A, sedangkan Indonesia finis peringkat tiga. Ketiga tim ini sama-sama finis dengan 11 poin, tapi Indonesia kalah head-to-head.

Indonesia sebenarnya bisa lolos jika Vietnam vs Thailand berakhir seri 0-0, atau salah satu di antara mereka ada yang menang. Namun, itu tidak terjadi.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa sang pelatih Shin Tae-yong sempat percaya kalau Vietnam dan Thailand bakal bermain sportif mengincar kemenangan. Akan tetapi, keduanya ternyata terlihat sengaja main aman setelah skor 1-1 dan akhirnya lolos bersama ke semifinal.

1 dari 3 halaman

Meeting Jelang Pertandingan

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan dan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (c) PSSI

Hal itu diutarakan Shin Tae-yong saat melakukan meeting jelang pertandingan Timnas Indonesia U-19 melawan Myanmar. Iriawan mengaku sempat memprediksi kemungkinan main mata terjadi dalam laga Vietnam melawan Thailand.

"Saya ingat, masuk ruangan meeting tadi pukul 16.45. Saya tanya beliau (Shin Tae Yong), bagaimana kans kita lawan Myanmar, dia jawab oke," kenang Mochamad Iriawan.

"Saya kemudian curiga, kalau skornya 1-1 bagaimana? Shin katakan, Vietnam dan Thailand tidak mungkin seperti itu. Ya kaget juga," imbuhnya.

2 dari 3 halaman

Silakan Dinilai Sendiri

Live Streaming Piala AFF U-19: Vietnam U-19 vs Thailand U-19 (c) Vidio

Iriawan juga mencium adanya tindakan tidak sportif yang dilakukan Vietnam dan Thailand. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu kecewa melihat tindakan kedua tim elite Asia Tenggara itu.

"Saya tidak bisa menilai laga Vietnam melawan Thailand. Silakan Anda menilai. Akan tetapi, dari 30 sampai 40 menit pertama kelihatan," kata Iriawan.

"Termasuk pada menit ke-70, bola hanya diputar-putar. Saya tidak bisa bicara apa-apa. Saya kecewa. Harusnya mereka bermain fair play," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Tidak Lolos karena Regulasi

Pemain Timnas Indonesia U-19 usai melawan Myanmar pada laga Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Iriawan juga mengucapkan terima kasih kepada para pemain Timnas Indonesia U-19. Menurut Iriawan, pasukan Shin Tae-yong telah melakukan yang terbaik sepanjang turnamen.

"Terima kasih Coach Shin dan anak-anak juga. Tentu semua kecewa dengan hasil ini, termasuk saya. Kami semua minta maaf karena ini hasil terbaik yang didapat anak-anak. Aturannya ya memang bikin kita tidak lolos," ujarnya.

Ini menjadi edisi pertama dalam lima tahun terakhir Timnas U-19 gagal menembus semifinal Piala AFF U-19 2022. Terakhir kali Timnas U-19 gagal ke semifinal terjadi pada edisi 2016.

Disadur dari: Bola.com/Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo Pradigdo, 11 Juli 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR