FOLLOW US:


Simon McMenemy: Kalau Rusuh, Suporter Timnas Indonesia Terburuk di Dunia

06-09-2019 01:46

 | Ari Prayoga

Simon McMenemy: Kalau Rusuh, Suporter Timnas Indonesia Terburuk di Dunia
Suporter Timnas Indonesia memanjat pembatas untuk menghampiri suporter Malaysia saat laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di SUGBK, Jakarta, Kamis (5/9). © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - Kerusuhan mewarnai pertandingan Timnas Indonesia kontra Malaysia pada partai perdana Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/2019). Suporter tuan rumah berulah di dalam dan luar stadion.

Insiden pertama terjadi di dalam stadion ketika sejumlah suporter Timnas Indonesia mencoba merangsek ke tribune pendukung Malaysia. Di luar stadion, mereka bentrok dengan petugas keamanan.

Kerusuhan tersebut tak luput dari perhatian pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy. Arsitek asal Skotlandia ini menilai bila aksi tersebut memberikan penilaian negatif untuk suporter Merah Putih.

"Suporter Indonesia merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Tapi jika ada masalah yang terjadi dalam pertandingan, saya rasa suporter Indonesia bisa menjadi yang terburuk di dunia," ujar Simon usai laga.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Tak Jadikan Kerusuhan Kambing Hitam

Sementara itu pada laga tersebut, Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia. Padahal, skuat Garuda sempat unggul dua kali lewat gol yang dicetak oleh Beto Goncalves pada menit ke-12 dan 39. Tapi, tim tamu mampu membalikkan keadaan via Mohamadou Sumare (37, 90+7), dan Syafiq Ahmad (66).

Simon pun tak ingin mengkambing hitamkan kerusuhan sebagai faktor kegagalan timnya meraup tiga poin. Sebab, baik Timnas Indonesia maupun tim lawan sama-sama terganggu dengan adanya insiden tersebut.

"Saya tidak mau masalah suporter tadi menjadi alasan saya soal kekalahan ini. Jika masalah terganggu jelas kedua tim sama sama terganggu," imbuh Simon.

(Bola.net/Fitri Apriani)