Spasojevic dan 4 Pemain Era Luis Milla yang Layak Gabung Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Dimas Ardi Prasetya | 4 November 2021 03:55
BRI Liga 1: Selebrasi gol Ilija Spasojevic (tengah) untuk Bali United (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Bola.net - Sekarang ini ada setidaknya lima pemain yang layak diberi kans gabung timnas Indonesia yang akan bermain di Piala AFF 2020, salah satunya adalah Ilija Spasojevic.

Sekarang ini, Spaso sedang tampil gacor. Pemain Bali United itu sekarang menjadi pemuncak daftar top scorer sementara BRI Liga 1 2021/2022.

Spaso, karibnya disapa bersama striker Persik Kediri, Youssef Ezzejjari, dan penyerang Bhayangkara FC, Ezechiel N'Douassel, menjadi pemain tersubur di liga musim ini dengan tujuh gol.

Shin Tae-yong pernah mengungkapkan alasannya tidak memanggil Spasojevic ke Timnas Indonesia. Ketika itu, tim berjulukan Skuad Garuda tersebut akan bermain di babak Play-off Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

1 dari 5 halaman

Alasan Spasojevic tak Dipanggil Shin Tae-yong

Usia Spasojevic yang telah mencapai 34 tahun menjadi penyebab terbesar. Sebelumnya, Spasojevic cukup sering dipanggil ke Timnas Indonesia, terutama di era Luis Milla.

"Memang, Spasojevic sempat saya panggil untuk beberapa kali pemusatan latihan Timnas Indonesia. Saat ini, performanya di BRI Liga 1 cukup baik," kata Shin Tae-yong.

"Dia juga menjadi top scorer sementara BRI Liga 1. Namun, pergerakan yang saya inginkan dengan gaya permainan dia itu berbeda. Dia juga sudah berumur," jelas Shin Tae-yong.

Jika melihat kurangnya kontribusi striker Timnas Indonesia seperti Kushedya Yudo dan Dedik Setiawan, Shin Tae-yong sepatutnya berpikir ulang untuk memanggil Spasojevic ke Piala AFF 2020.

Selain Spasojevic, siapa lagi pemain Timnas Indonesia di era Luis Milla yang layak diberi peluang tampil di Piala AFF 2020? Simak saja nama-namanya di bawah ini.

2 dari 5 halaman

Hansamu Yama

Striker Persiraja Banda Aceh, Paulo Henrique, dan bek Bhayangkara FC, Hansamu Yama, saling memegang kepala usai bersitegang pada laga BRI Liga 1 di Indomilk Arena, Minggu (29/8/2021). (c) Bola.net/M i

Hansamu Yama adalah pilihan utama Bhayangkara FC di lini belakang. Bek berusia 26 tahun itu telah bermain enam kali di BRI Liga 1 2021/2022.

Di era Luis Milla, keberadaan Hansamu tidak tergantikan. Pemain berpostur 181 cm itu adalah kapten Timnas Indonesia di Piala AFF 2018.

3 dari 5 halaman

Septian David Maulana

BRI Liga 1: Pemain PSIS Semarang, Septian David Maulana (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Setelah sempat meredup, Septian David Maulana mulai kembali bersinar di musim ini. Gelandang berusia 25 tahun itu menjadi bagian penting dari keberhasilan PSIS Semarang berada di papan atas BRI Liga 1 sejauh ini.

Sama seperti Hansamu, peran Septian David tidak tergantikan di era Luis Milla. Pemain asli Semarang, Jawa Tengah itu layak dipertimbangkan untuk masuk Piala AFF 2020.

4 dari 5 halaman

Muhammad Arfan

Muhammad Arfan menjadi bintang kemenangan PSM Makassar pada pekan lalu di BRI Liga 1. Gelandang berusia 23 tahun itu berhasil mencetak dua dari tiga gol kemenangan timnya atas Persita Tangerang.

Arfan, yang pernah dipanggil Luis Milla, pantas untuk menjadi kandidat pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Peluangnya cukup besar mengingat Shin Tae-yong suka pemain muda yang energik seperti dirinya.

5 dari 5 halaman

Febri Hariyadi

Gelandang Persib Bandung, Febri Hariyadi (kanan), berebut bola dengan pemain Persiraja Banda Aceh, Vivi Asrizal, pada laga Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Jumat, (2/4/2021). (c) Bola.com/M

Nama Febri Hariyadi hampir selalu ada ketika Luis Milla melakukan pemanggilan untuk Timnas Indonesia. Winger Persib Bandung itu juga langganan menjadi pilihan utama.

Penampilan Febri di musim ini cukup konsisten. Dia selalu menjadi starter Persib. Pencapaian ini seharusnya cukup untuk memperkuat posisinya sebagai kandidat pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2020.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Rizki Hidayat
Published: 03/11/2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR