FOLLOW US:


Suporter Timnas Indonesia Antusias, Popularitas Piala AFF Melebihi Piala Eropa

12-04-2018 01:21
Suporter Timnas Indonesia Antusias, Popularitas Piala AFF Melebihi Piala Eropa
© Fitri Apriani

Bola.net - Tak banyak yang tahu jika aksi tim nasional (timnas) Indonesia di Piala AFF menyaingi popularitas turnamen bergensi antar Benua Biru, Piala Eropa edisi 2016 lalu. Hal tersebut dikemukakan oleh President of Football at Lagardere Sports, Tom Smith.

Tom Smith mengakui, antusias suporter timnas Indonesia layak mendapatkan pujian. Bahkan, dia yakin pendukung Merah Putih bisa membuat Piala AFF semakin dikenal.

"Piala AFF merupakan program olahraga yang paling banyak ditonton di Indonesia. Bahkan, melampaui acara global sepeti Piala Eropa 2016," ujar Tom Smith di Jakarta, Rabu (11/4/2018).

Sebagai buktinya, rating Piala AFF 2010 sangatlah tinggi. Bahkan, pemegang hak siar kala itu, RCTI, mengklaim pihaknya mendapat rating lebih dari 70 persen.

"Ini memungkinkan kami terus membangun keberhasilan turnamen dan memaksimalkan kedekatan kami dengan para suporter," kata Tom Smith.

Pembagian pot Piala AFF 2018 sendiri telah keluar. Pot tersebut untuk menunjukkan tim unggulan pada pembagian grup yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

Pot satu diisi oleh Thailand dan Vietnam, sedangkan pot dua ditempati oleh Indonesia dan Malaysia. Berada di pot dua, artinya Indonesia tak disebut sebagai tim unggulan pada kompetisi antarnegara Asia Tengara itu.

Berikut pembagian pot Piala AFF 2018:

Pot 1: Thailand dan Vietnam

Pot 2: Indonesia dan Malaysia

Pot 3: Filipina dan Myanmar

Pot 4: Singapura dan Kamboja

Pot 5: Brunei Darussalam dan Timor Leste.