FOLLOW US:


Tak Ada 'Penyerang' di Timnas Indonesia U-19

05-12-2013 18:00

 | Evan Dimas

Tak Ada 'Penyerang' di Timnas Indonesia U-19
Mukhlis Hadi, andalan Indonesia cetak gol. © Fajar Rahman
Bola.netBola.net - Timnas U-19 tidak bergantung pada satu sosok tertentu untuk mencetak gol dalam laga mereka. Hal ini diungkapkan Asisten Pelatih Skuat Garuda Jaya -julukan Timnas U-19- Eko Purjianto.

"Di tim ini tidak ada penyerang yang khusus diinstruksikan mencetak gol. Semua pemain bisa saja mencetak gol. Kita juga meminta pada para pemain untuk membantu rekannya -tak harus pemain depan- yang memiliki peluang lebih baik untuk mencetak gol. ," ujar Eko.

"Mukhlis Hadi Ning, Maldini, Ilham Udin Armaiyn, Evan Dimas, Hargianto, Hendra Sandi, Zulfiandi, semua bisa mencetak gol. Karena itu, kita memakai istilah pemain depan, bukannya penyerang," sambungnya.

Ucapan Eko lebih dari basa-basi belaka. Terbukti dalam laga-laga yang dilakoni anak asuh Indra Sjafri ini, gol tak hanya berasal dari Mukhlis Hadi Ning. Evan Dimas, Zulfiandi, Yabes Roni yang merupakan sosok pemain tengah juga mampu mencetak gol. Bahkan, Putu Gede Juni Antara, yang merupakan pemain belakang, juga telah mencetak gol di ajang Piala AFF U-19 lalu.

Saat ini, Timnas U-19 tengah menjalani pemusatan pelatihan tahap pertama di kompleks Kusuma Agrowisata Batu, Jawa Timur. Dalam TC tahap pertama, yang akan berakhir Januari 2014 ini, tim pelatih fokus meningkatkan kondisi fisik para penggawa Skuat Garuda. Di tahap berikutnya, yang direncanakan bakal dihelat di kompleks Universitas Negeri Yogyakarta, baru tim pelatih akan menyentuh aspek teknik dan taktik. Selain itu, di tahap kedua ini, Timnas U-19 dijadwalkan bakal melakoni laga-laga uji coba, termasuk dengan tim-tim luar negeri.