Tidak Selevel dengan Vietnam dan Malaysia, Media Asing Prediksi Indonesia Gagal di Piala AFF 2020

Serafin Unus Pasi | 7 Desember 2021 20:03
Timnas Indonesia (c) Dok. PSSI

Bola.net - Perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mendapatkan tekanan berat. Setelah media asing ESPN menilai Skuat Garuda bakal gagal menembus babak semi final.

Timnas Indonesia akan menjalani laga perdana di Piala AFF 2020 kontra Kamboja di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021).

Timnas Indonesia yang tergabung di Grup B, lalu akan meladeni melawan Laos (12/12/2021), disusul meladeni Vietnam (15/12/2021) dan menantang Malaysia pada 19 Desember 2021.

Jelang Piala AFF 2020, ESPN menganggap Grup B sebagai grup mau dengan tiga tim kuat, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia.

Sementara Laos dan Kamboja juga membaik. Pada laga perdana, Laos dan Kamboja memang kalah, tapi tidak terlalu telak. Laos kalah dari Vietnam 0-2. Sementara Kamboja bertekuk lutut di hadapan Malaysia dengan skor 1-3.

Menurut pakar sepak bola Asia, Gabriel Tan, dua negara yang bakal lolos ke semifinal ialah Vietnam dan Malaysia.

“Vietnam dan Malaysia masih memiliki level yang lebih tinggi, sehingga kemungkinan lolos ke semifinal kedua tim ini sangat besar. Apalagi Vietnam tidak berhasil lolos ke babak kualifikasi final. Piala Dunia 2022, mereka masih tim yang sangat kuat untuk mendominasi sepak bola Asia Tenggara," kata Tan, dikutip dari Bongda.

Timnas Indonesia dianggap lemah pada Piala AFF 2020. Ini seharusnya menjadi cambuk dan motivasi bagi skuad Shin Tae-yong untuk membuktikan prediksi itu meleset.

1 dari 3 halaman

Ayo Buktikan!

Timnas Indonesia beberapa kali mendapatkan komentar negatif dari peserta lain. Bahkan ada pemain yang menyebut level Evan Dimas dkk. satu level dengan Kamboja.

"Juara bertahan Vietnam tentu saja lawan terkuat yang harus kita hadapi di Piala AFF. Mereka benar-benar memiliki pemain dengan kekuatan yang luar biasa. Malaysia akan menjadi yang berikutnya," kata gelandang Laos, Mitsada Saitaifa dikutip dari TheTao 247.

"Indonesia dan Kamboja berada di level yang sedikit lebih rendah tetapi tidak bisa diremehkan."

2 dari 3 halaman

Di Grup Lain Juga Diremehkan

Eks Direktur Teknik FAT (PSSI-nya Thailand), Witthaya Laohakul, juga tidak menyantumkan Timnas Indonesia sebagai kompetitor kuat peraih juara Piala AFF 2020. Menurutnya, Malaysia lebih berpeluang memberikan tekanan.

Thailand tentu saja menjadi unggulan di Piala AFF. Thailand adalah negara dengan gelar juara paling banyak, 5 kali. Terakhir kali Thailand menjadi juara pada 2016. Sedangkan, pada 2018, Vietnam keluar sebagai juara.

Walau tidak satu grup, Witthaya Laohakul melihat Malaysia sebagai lawan paling sulit bagi Thailand. Malaysia ada di Grup B bersama Vietnam, Indonesia, Laos, dan Kamboja. Malaysia mungkin akan menjadi lawan Thailand pada babak final atau semifinal.

"Kalau ditanya lawan utama Thailand, saya akan memilih Malaysia. Singapura tuan rumah, tapi potensi mereka tidak besar, sedangkan tim Vietnam tertekan setelah tampil buruk di kualifikasi Dunia Piala 2022, mereka gagal menang," ucap Laohakul dikutip dari Laodong.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kamis, 9 September 2021

  • Timnas Indonesia Vs Kamboja

Minggu, 12 Desember 2021

  • Laos Vs Timnas Indonesia

Rabu, 15 Desember 2021

  • Timnas Indonesia Vs Vietnam

Minggu, 19 Desember 2021

  • Malaysia Vs Timnas Indonesia

Sumber: Bola.com/Wiwig Prayugi, Diunggah 7 Desember 2021

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR