Timnas Indonesia di Fase Grup SEA Games 2021: 11 Gol, Hanya Satu dari Penyerang Tengah!

Asad Arifin | 17 Mei 2022 12:44
Timnas Indonesia U-23 merayakan gol Egy Maulana Vikri (tengah) ke gawang Timor Leste, Selasa (10/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Bola.net - Timnas Indonesia mampu mencetak 11 gol pada empat laga fase grup SEA Games 2021. Menariknya, dari 11 gol tersebut, hanya ada satu gol yang dicetak oleh pemain dengan posisi penyerang tengah Timnas Indonesia.

Meski pada laga pertama Grup A kalah 0-3 dari tuan rumah Vietnam, Tim Garuda Muda berhasil menyapu bersih kemenangan dalam tiga pertandingan berikutnya.

Timnas Indonesia U-23 berhasil melumat Timor Leste dengan skor 4-1, menang 4-0 atas Filipina, dan memetik kemenangan 3-1 atas Myanmar.

Jika melihat 11 gol yang diciptakan dari empat laga di Grup A, bisa dibilang tidak ada persoalan untuk urusan membobol gawang lawan. Tetapi, ada sebuah catatan menarik terkait sebaran gol.

Apa catatan tersebut? Simak ulasan lebih lengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Penyerang Minim Gol

Aksi Egy Maulana Vikri saat melawan Filipina, Jumat (13/5/2022) (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar

Di SEA Games 2021, para winger dan gelandang Timnas Indonesia yang rajin mencetak gol. Seperti Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri yang masing-masing sudah mengoleksi tiga gol.

Adapun Marselino Ferdinan yang beroperasi di lini tengah mengoleksi dua gol. Sementara itu, M. Ridwan yang berposisi sebagai striker Timnas Indonesia U-23, justru baru menyumbangkan satu gol.

Irfan Jauhari yang berperan sebagai striker inti Timnas Indonesia U-23 malah belum bisa mencetak gol. Mantan penyerang Arema FC dan Timnas Indonesia, Singgih Pitono melihat jika ini bisa saja karena strategi pelatih Shin Tae-yong.

“Ketika Irfan Jauhari dipasang sebagai striker, dia lebih aktif bergerak. Itu membuat dua pemain sayap punya kesempatan masuk ke kotak penalti dan mencetak gol,” katanya.

Akan beda ceritanya ketika Ridwan yang dipasang. Berstatus sebagai penyerang murni, Irfan bisa membuka jalan bagi Egy dan Witan untuk banyak berperan sebagaimana mestinya, yakni menyuplai bola.

"Kalau Ridwan yang sering main, sebaran golnya akan berbeda. Mungkin saja pelatih memang ingin para pemain sayap yang memberikan kejutan untuk pertahanan lawan dengan gol-golnya," lanjut Singgih.

2 dari 3 halaman

Irfan Jauhari Belum Beruntung

Aksi Irfan Jauhari saat membela Timnas Indonesia pada ajang SEA Games 2021 (c) Ihkwan Yanuar

Namun, jika melihat permainan Irfan Jauhari, sebenarnya dia juga punya beberapa peluang di setiap pertandingan. Andaikan Irfan bisa memaksimalkan kesempatan itu, bukan tidak mungkin penyerang Persis Solo tersebut menjadi salah satu pemain tersubur di SEA Games 2021.

“Irfan bukannya tanpa peluang. Beberapa kali dia sudah melakukan eksekusi ke gawang. Tetapi, bola masih bisa dimentahkan kiper. Mungkin dia belum beruntung," sambungnya.

Justru Ridwan yang bisa dibilang lebih beruntung. Baru sekali menjadi starter, dia sudah mencetak satu gol.

Bisa jadi karena Ridwan tak banyak bergerak, jadi konsentrasinya untuk melakukan finishing lebih bagus. Adapun Irfan, karakternya yang mengandalkan kecepatan bisa membuat tenaganya sudah berkurang ketika melepaskan tendangan ke gawang.

3 dari 3 halaman

Distribusi Gol Timnas Indonesia di Fase Grup SEA Games 2021

  • Witan Sulaeman : 3 gol
  • Egy Maulana Vikri: 3 gol
  • Marselino Ferdinan: 2 gol
  • Muhammad Ridwan: 1 gol
  • Rizky Ridho: 1 gol
  • Fachruddin Aryanto: 1 gol

Disadur dari Bola.com: Iwan Setiawan/Rizki Hidayat, 17 Mei 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR