FOLLOW US:


Timnas Indonesia U-16 Gelar Seleksi, Berikut Kriteria Pemain yang Dicari Bima Sakti Tukiman

30-04-2021 19:04

 | Serafin Unus Pasi

Timnas Indonesia U-16 Gelar Seleksi, Berikut Kriteria Pemain yang Dicari Bima Sakti Tukiman
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti Tukiman sedang mencari pemain untuk skuadnya di Piala AFF U-15. Seleksi pun dilakukan juru taktik berusia 45 tahun ini.

Proses seleksi berlangsung di Jakarta, sejak 21 April 2021. Para pesertanya kebanyakan datang dari 34 Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI.

Dalam memilih pemain, Bima punya sejumlah kriteria. Satu di antaranya dilihat dari tinggi badan.

"Postur dulu ya dari kiper, center back, gelandang, striker, itu kan posisi yang membutuhkan masalah tinggi badan. Sayap kanan kiri dan fullback bisa di bawah 170. Kalau yang tadi harus di atas itu," ujar Bima, kepada wartawan.

"Selain postur juga mental, chemistry, walaupun banyak yang belum kenal. Tapi cukup bagus kelihatan cara mainnya dan visinya. Jadi kami pelatih cukup mudah untuk memilih," katanya menambahkan.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Proses Seleksi

Proses seleksi Timnas Indonesia U-16 kali ini digelar secara bergantian di hari yang berbeda. Kemudian dibagi ke dalam lima sesi.

"Semua diberikan kesempatan ya dari Asprov, Gala Siswa Indonesia (GSI), dan akademi seluruh Indonesia. Setiap sesi kami bagi 33 pemain. Dua hari berlatih, setelah itu pulang, masuk lagi sesi kedua 33 pemain. Jadi semuanya 169 pemain," tutur Bima.

"Di sesi pertama bagus mereka, sesi kedua agak menurun, sesi ketiga bagus, sesi keempat ini agak lumayan. Kami harap di sesi kelima lebih siap secara mental dan tunjukkan performa," imbuhnya.

Setelah proses seleksi, Bima berencana menggelar pemusatan latihan (TC). TC dijadwalkan berlangsung usai lebaran.

(Bola.net/Fitri Apriani)