Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti Akui Salah Perhitungan Rotasi Pemain

Ari Prayoga | 11 Oktober 2022 06:35
Timnas Indonesia U-17 Gagal ke Piala Asia U-17 2023, Bima Sakti Akui Salah Perhitungan Rotasi Pemain
Aksi Bima Sakti menjadi pelatih Timnas Indonesia U-17 (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-17 dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023. Pelatih Bima Sakti pun mengakui kegagalan ini sedikit banyak disebabkan oleh kesalahannya.

Kesalahan yang dimaksud Bima Sakti adalah dalam hal rotasi pemain. Sebagai informasi, Timnas Indonesia U-17 hanya melakukan maksimal empat rotasi pada starting XI di sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, itu pun terjadi di laga terakhir melawan Malaysia.

Adapun pada tiga laga sebelumnya Timnas Indonesia U-17 hanya melakukan tiga rotasi pada starting XI. Pemain yang selalu dimainkan Bima Sakti sebagai starter di Kualifikasi Piala Asia U-17 adalah Andrika Fathir, Sulthan Zaky, Habil Abdillah Yafi, Muhammad Kafiatur, Muhammad Riski, dan Arkhan Kaka.

"Bisa jadi karena kelelahan. Ini kesalahan saya juga," kata Bima Sakti saat menyikapi kekalahan 1-5 Timnas Indonesia U-17 dari Malaysia.

1 dari 4 halaman

Sempat Ingin Rotasi

Sempat Ingin Rotasi

Ekspresi pemain Timnas Indonesia U-17 usai kalah dari Malaysia pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 (c) Ikhwan Yanuar

Satu di antara sejumlah penyesalan Bima Sakti adalah tidak menurunkan pemain lapis dua pada laga perdana melawan Guam.

Bima Sakti mengakui, sempat berpikir ubah formasi Timnas Indonesia U-17 satu jam sebelum laga, namun batal karena dilema.

"Pada awal melawan Guam, kami sudah pasang formasi. Satu jam sebelum laga seharusnya ubah posisi dari 4 hingga 5 pemain, namun kami ingin aman dulu," ucap Bima Sakti.

"Pada babak kedua, 4-5 pemain kami ganti. Mungkin juga bisa faktor itu dan ini akan menjadi evaluasi kami. Pada pertandingan pertama, seharusnya pasang pemain yang ada di bangku cadangan dulu," tegas Bima Sakti.

2 dari 4 halaman

Minta Maaf

Minta Maaf

Pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti. (c) Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Pelatih Bima Sakti meminta maaf atas kekalalahan telak yang dialami Timnas Indonesia U-17. Bima Sakti sadar, hasil negatif ini membuat kecewa banyak pihak, termasuk penggemar sepak bola nasional.

"Saya menyampaikan mohon maaf kepada semua pecinta sepak bola Indonesia atas hasil yang tidak memuaskan ini. Kecewa, sedih, pasti," ucap Bima Sakti.

"Saya bilang ke pemain agar bisa mengambil pelajaran dan pengalaman dari turnamen in untuk mereka ke depan. Karier mereka masih panjang. Ini tanggung jawab saya sebagai pelatih," tegas Bima Sakti.

3 dari 4 halaman

Ingin Bangkit

Ingin Bangkit

Dua pemain Malaysia U-17 coba menghibur striker Indonesia U-17, Arkhan Kaka (empat dari kanan), yang menangis usai laga Indonesia vs Malaysia di Stadion Pakansari, Minggu (09/10/2022) malam WIB berakh

Komentar yang sama juga diungkapkan oleh Sulthan Zaky. Menurut Sulthan Zaky, Timnas Indonesia U-17 ingin segera bangkit dari keterpurukan ini.

"Mohon maaf atas hasil mengecewakan. Ini jadi pembelajaran bagi kami semua, semoga bisa bangkit ke depannya," ucap Sulthan Zaky.

"Kami harus membangun mental lebih kuat lagi. Lebih kerja keras dari kesalahan-kesalahan yang dibuat," tegas Sulthan Zaky.

4 dari 4 halaman

Daftar Tim yang Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Jepang
Malaysia
Qatar
Arab Saudi
Yaman
Vietnam
Australia
Tajikistan
Iran
Uzbekistan
Korea Selatan
China
Afghanistan
India
Thailand
Laos

Disadur dari: Bola.com (Zulfirdaus Harahap, Hendry Wibowo) 10 Oktober 2022

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR