FOLLOW US:


Timnas Indonesia U-19 Akan 'Diinvasi' Pemain dari Belanda

18-11-2020 12:06

 | Gia Yuda Pradana

Timnas Indonesia U-19 Akan 'Diinvasi' Pemain dari Belanda
Timnas Indonesia U-19 © dok. PSSI

Bola.net - Sejumlah pemain keturunan akan dijajal kemampuannya oleh pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, saat timnya menggelar pemusatan latihan (TC) di luar negeri. Sebagian besar dari mereka merupakan pesepakbola berdarah Belanda-Indonesia.

Timnas Indonesia U-19 berencana kembali menggelar TC di luar negeri pada Desember 2020. Negara yang jadi tujuan skuad Garuda Muda kali ini antara Spanyol atau Korea Selatan.

"Dari tujuh pemain keturunan, paling banyak dari Belanda dong. Kan kita dijajah Belanda dulu," ujar Direktur Teknik (Dirtek) PSSI, Indra Sjafri.

Pada TC sebelumnya di Kroasia, ada dua pemain keturunan yang dijajal Shin Tae-yong. Mereka adalah kakak beradik berdarah Jerman-Indonesia, Kelana Noah Mahessa dan Luah Fynn Jeremy Mahessa.

"Sejauh ini kami sudah coba dua yang dari Jerman. Yang tujuh lagi nanti akan kami tes. Makanya, kemarin kami minta TC di Belanda, supaya cepat anak-anak itu bergabung," ucap Indra.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Cara PSSI Temukan Pemain Keturunan

Cara PSSI Temukan Pemain Keturunan
Indra Sjafri © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Indra lantas mengungkapkan cara PSSI mendapatkan pemain-pemain keturunan. Awalnya, induk sepak bola di Tanah Air itu menampung saran dari berbagai pihak, termasuk warganet.

Puluhan nama pun muncul. Namun setelah dipelajari, jumlahnya mengerucut menjadi sembilan.

"Pemain itu yang diinformasikan oleh media, oleh netizen juga, oleh semua informasi. Lebih kurang ada 40. Dari 40 ini, kami verifikasi lewat CV dia, jadilah 30 pemain," tuturnya.

"Setelah itu kami masukkan ke legal PSSI. Mana yang memenuhi persyaratan FIFA dan undang-undang di Indonesia. Setelah itu kami lihat videonya, dan akhirnya kami dapat sembilan," imbuh Indra.

(Bola.net/Fitri Apriani)