FOLLOW US:


Timnas U-19 Kalah, La Nyalla Anggap Bukan Masalah

10-04-2014 09:17

 | La Nyalla Mahmud Mattalitti

Timnas U-19 Kalah, La Nyalla Anggap Bukan Masalah
La Nyalla Mattalitti © Eggi Paksha

Bola.net - Ketua Badan Tim Nasional (BTN), La Nyalla Mahmud Mattalitti, memaklumi kekalahan Timnas Indonesia U-19 dalam uji coba perdana di Timur Tengah lawan Timnas Oman U-19, Rabu (9/4) petang waktu setempat.

Kekalahan dengan skor 1-2 tersebut dimaklumi La Nyalla mengingat Evan Dimas dan kawan-kawan baru saja menjalani ibadah Umroh yang juga menguras tenaga.

"Anak-anak baru masuk Oman tanggal 6 April dini hari. Tanggal 9 sudah bertanding. Proses recovery dari ibadah Umroh tentu terbatas. Sehingga saya tadi mendapat laporan di 15 menit babak pertama, anak-anak masih menyesuaikan permainan, setelah rest panjang. Jadi tidak masalah bagi saya kekalahan tipis ini," tutur La Nyalla.

Ditambahkan La Nyalla, pertandingan di Oman adalah uji coba dan bukan perebutan juara. Skuat arahan Indra Sjafri tersebut masih punya kesempatan untuk bertemu lagi dengan Timnas Oman di pertandingan kedua pada Jumat (11/4) besok.

"Di pertandingan kedua nanti, saya berharap anak-anak tampil lebih baik dan mampu membalas kekalahan sebelumnya," ujar sosok yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum PSSI tersebut.

Lebih jauh, La Nyalla justru menilai jika kekalahan dalam uji coba bisa menjadi masukan berharga bagi skuat Garuda Jaya. Apalagi, sejak juara Piala AFF dan lolos Piala Asia, Timnas U-19 belum pernah kalah dalam uji coba.

"Ini justru harus bisa menjadi pematangan dan pelecut semangat. Dan bisa membuat kita menyadari posisi dan kelemahan kita untuk diperbaiki," tandasnya.

Pertandingan antara Oman melawan Indonesia yang berlangsung di Sultan Qaboos Sports Complex, Muscat, diwarnai saling jual beli serangan. Di menit awal, Indonesia sempat bermain tegang. Namun seiring waktu, Evan Dimas dkk mampu mengimbangi permainan Oman.

Skor berakhir 2-1 untuk kemenangan Oman. Masing-masing gol Oman disarangkan Hasan Alsadi pada menit ke-20 dan Marwan Alsadi menit ke-76. Sedangkan Indonesia mencetak gol melalui Ilham Udin pada menit ke-26.

Indonesia memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Itu setelah mereka mendapatkan penalti pada menit ke-67 akibat pemain Oman handsball di kotak putih. Namun tendangan Evan Dimas masih bisa ditepis penjaga gawang lawan.

Uji coba ini adalah yang pertama dalam rangkaian Tur Timur Tengah yang dijalani. Setelah dari Oman, Timnas U-19 akan menjalani tiga laga uji coba di Dubai, Uni Emirat Arab. (esa/pra)