FOLLOW US:


Timnas U-19 Kurang di Finishing, Ini Kata Indra Sjafri

21-06-2017 18:43
Timnas U-19 Kurang di Finishing, Ini Kata Indra Sjafri
© AFP

Bola.net - Indra Sjafri menanggapi tudingan bahwa anak asuhnya hanya bagus dalam penguasaan bola, tapi kurang dalam penyelesaian akhir. Pelatih Timnas U-19 ini menilai bahwa yang dilakukannya saat ini di Skuat Garuda Jaya masih belum tuntas.

Menurut Indra, ia sengaja mendasarkan pembentukan tim dengan pola permainan possession. Pasalnya, mengubah mindset dan cara bermain adalah hal yang terpenting. "Setelah dia pandai main bola, nanti baru kita ajarkan bagaimana ia mencetak gol," ujar Indra.

Menurut pelatih berusia 54 tahun tersebut, perubahan gaya bermain merupakan hal mutlak. Pasalnya, gaya bermain mengandalkan umpan-umpan panjang yang selama ini seakan jadi ciri khas Indonesia terbukti tak efektif.

"Sekarang, kita paksakan berpuluh-puluh tahun sejak zaman Belanda kita main long pass, pernah kita juara? Nggak pernah. Nah, kita dengan cara ini sudah pernah juara," tuturnya.

Permainan yang selama ini menjadi khas racikan Indra Sjafri mendapat sejumlah kritik. Umumnya, kritik ini menyebut bahwa kendati unggul secara penguasaan bola, tim lemah dalam memanfaatkannya, terutama dalam melakukan finishing.

Sementara itu, Indra menyebut bahwa membangun sebuah tim tak bisa dilakukan dalam waktu sebentar. Terlebih lagi, mereka harus mengubah pola pikir dan kebiasaan.

"Proses membangun tim tak bisa sebentar. Dalam tiga tahun, mereka bisa main seperti ini sudah bagus. Memang perlu hal yang lebih baik. Kita akan lakukan ini sembari berjalan," ucap Indra.