Tips Arthur Irawan untuk Marselino Ferdinan yang Mulai Berkarier di Eropa: Jangan Mudah Putus Asa

Ari Prayoga | 3 Februari 2023 07:45
Tips Arthur Irawan untuk Marselino Ferdinan yang Mulai Berkarier di Eropa: Jangan Mudah Putus Asa
Marselino Ferdinan resmi teken kontrak di klub KMSK Deinze, Belgia, Rabu (01/02/2023). (c) KMSK Deinze Official Twitter

Bola.net - Marselino Ferdinan akan segera memulai petualangannya di Eropa. Wonderkid 18 tahun telah resmi bergabung dengan klub Belgia, KMSK Deinze.

Gelandang kelahiran Jakarta tersebut direkrut KMSK Deinze dari Persebaya Surabaya pada deadline day bursa transfer musim dingin 2023. Dia dikontrak selama 1,5 musim hingga 30 Juni 2024.

Kapten tim Persik Kediri, Arthur Irawan ikut senang ada pemain Indonesia berkarir di luar negeri. Apalagi kesempatan itu dialami penggawa Persebaya yang notabene klub yang pernah dibela Arthur Irawan pada musim 2017-2018 lalu.

"Saya sangat senang Marselino Ferdinan bisa berkarir di Belgia. Sebuah kesempatan besar dan langka yang diperoleh pemain Indonesia. Sebagai mantan Persebaya, saya ikut bangga juga," kata Arthur.

1 dari 3 halaman

Tips Arthur Irawan untuk Marselino Ferdinan

Tips Arthur Irawan untuk Marselino Ferdinan

Aksi Arthur Irawan pada laga Persita vs Persik di pekan pertama BRI Liga 1 2022/2023 (c) Bagaskara Lazuardi

Gelandang jebolan Espanyol B La Liga ini pun membagi tips kepada Marselino Ferdinan agar bisa cepat beradaptasi dengan tim dan lingkungan di Belgia.

"Hal pertama yang harus ditepiskan Marselino adalah perasaan homesick. Dia harus cepat adaptasi dengan rekan setim, cara bermain di tim, dan lingkungan sekitar tempat tinggal," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Adaptasi Lingkungan Baru

Adaptasi Lingkungan Baru

Aksi gelandang Timnas Indonesia Marselino Ferdinand saat melawan Vietnam di leg pertama semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (06/01/2023) sore WIB. (c) Bola.net/

Arthur Irawan juga menyinggung perihal adaptasi lingkungan negara Belgia. Menurutnya, dua hal yang cukup berpengaruh adalah iklim dan makanan.

"Yang jelas iklim di Eropa beda dengan Indonesia. Soal makanan, saya sarankan santap saja apa yang ada di sana. Yang pasti di Eropa makanan lebih higienis. Awalnya memang asing di lidah, tapi harus dipaksa supaya terbiasa," tuturnya.

3 dari 3 halaman

Mampu Bersaing

Mampu Bersaing

Marselino Ferdinan merayakan gol di Persebaya (c) Bola.com/Wahyu Pratama

Soal adaptasi di internal tim, Arthur Irawan yakin dengan kualitas yang dimiliki Marselino Ferdinan bisa bersaing.

"Kuncinya jangan mudah putus asa. Marselino harus berlatih keras, meski nanti dia jarang dimainkan. Wajar bila seorang pemain jarang merumput pasti ada perasaan putus asa. Tapi jangan menyerah. Apalagi dia punya kontrak cukup panjang di Belgia," ucapnya.

Disadur dari: Bola.com (Gatot Sumitro, Aryo Atmaja) 2 Februari 2023

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR