FOLLOW US:


Trik Fakhri Husaini dalam Menentukan Pemain Muda, Sebut Alex Ferguson dan Pep Guardiola

23-06-2020 20:08

 | Serafin Unus Pasi

Trik Fakhri Husaini dalam Menentukan Pemain Muda, Sebut Alex Ferguson dan Pep Guardiola
Fakhri Husaini © Bola.com/Yoppy Renato

Bola.net - Mantan pelatih Timnas Indonesia U-16 dan U-19, Fakhri Husaini berbagi trik dalam menyeleksi pemain usia muda. Misalnya, saat pembentukan timnas kelompok umur. Trik itu disampaikannya dalam channel YouTube, Hanif & Rendy Show.

Menjawab pertanyaan jika diberi 50 pemain dan harus diseleksi dalam tempo tiga hari, apa saja yang akan dinilai, Fakhri tanpa ragu menyebut ada empat aspek. Keempat itu adalah fisik, teknik, taktik, dan mental.

"Kalau dari empat itu saya harus pilih tiga aspek, maka akan tinggalkan soal mental. Karena mental bisa diperbaiki saat pemusatan latihan (TC)," ujar Fakhri.

Menurut Fakhri, aspek teknik itu sangat menentukan. Begitu pula dengan fisik dan pemahaman taktik. Alasannya tiga hal itu sulit dipacu saat TC.

Hal yang sama dikatakan Fakhri untuk melihat kemampuan pemain dalam waktu singkat. Hitungannya hanya 5 sampai 10 detik.

Fakhri mengatakan, pemain itu sejatinya seperti emas. Bila pemain bagus dicemplungin di comberan sekalipun, tetap bakal jadi emas.

"Jadi tidak perlu menunggu tiga bulan untuk monitor kemampuan satu orang. Itu terlalu lama," kata pelatih berusia 54 tahun ini.

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Pelatih Pasti Pernah Salah

Namun, Fakhri tidak menampik penilaian cepat terhadap suatu pemain bisa salah. Bahkan, manajer sekelas Sir Alex Ferguson dan Pep Guardiola pun dikatakannya pernah salah.

Pemain-pemain yang menurut mereka bakal jadi sosok hebat, ternyata ketika sudah direkrut kariernya tidak panjang. Jadi memang peluangnya 50-50.

"Nah disitulah sebenarnya seni melatih. Seni bagaimana cara memilih, memadukan pemain, mengelola masalah, sampai mengatasi tekanan media sosial," imbuh Fakhri.

(Bola.net/Fitri Apriani)