Vietnam 0-0 Indonesia, Shin Tae-yong Ungkap Alasan Banyak Pemain Timnas U-19 Alami Kram

Asad Arifin | 3 Juli 2022 00:37
Timnas Indonesia U-19 menghadapi Vietnam di Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Ikhwan Yanuar Harun

Bola.net - Laga pertama Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022 berjalan sangat berat. Berjumpa Vietnam pada duel di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu 2 Juli 2022 malam WIB, para pemain Timnas Indonesia sempat tumbang karena kram.

Timnas Indonesia bermain agresif pada duel matchday pertama Grup A Piala AFF U-19 2022 ini. Sejak awal babak pertama, ada beberapa peluang yang didapat akan tetapi tidak ada gol hingga masuk ke ruang ganti.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia U-19 tak henti-hentinya menggempur pertahanan Vietnam. Namun, rapatnya pertahanan Vietnam membuat sejumlah usaha yang dihasilkan tak menemui sasaran.

Hingga laga usai, tak ada gol yang tercipta. Hasil ini membuat Timnas Indonesia U-19 menghuni posisi keempat klasemen sementara dengan raihan satu poin, atau tertinggal dua angka dari Myanmar yang jadi pemuncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022.

Simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4 halaman

Alasan Banyak Pemain Kram

Aksi Marselino Ferdinan pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Pelatih Shin Tae-yong menegaskan, pemain Timnas Indonesia U-19 sudah bekerja keras untuk mencetak gol. Bahkan, beberapa pemain mengalami kram. Pelatih asal Korea Selatan itu lantas memaklumi hasil pertandingan yakni 0-0.

"Seperti apa yang dilihat suporter, para pemain kami memang sudah bekerja keras. Begitu juga dengan pemain Vietnam," kata Shin Tae-yong usai pertandingan.

"Oleh karena itu, memang banyak pemain mengalami kram pada laga ini. Laga pertama pada suatu turnamen biasanya sulit, akan tetapi performa pemain saya bisa katakan bagus," ucap Shin Tae-yong.

2 dari 4 halaman

Kurang Efektif

Aksi Ronaldo Kwateh pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam di matchday pertama Piala AFF U-19 2022, Sabtu (2/7/2022) malam WIB (c) Ikhwan Yanuar

Shin Tae-yong juga mengomentari penyelesaian akhir Timnas Indonesia U-19. Menurut Shin Tae-yong, lini depan skuad U-19 masih kurang efektif dalam melakukan serangan.

"Memang saya akui penyelesaian akhir kami pada laga ini kurang baik. Untuk mencetak gol butuh timing umpan yang baik dan kecepatan bola juga harus pas," ucap Shin Tae-yong.

"Itu yang akan kami perbaiki. Seharusnya kami bisa mencetak gol, akan tetapi kami tidak bisa melakukannya pada laga ini," ujar Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Sudah Maksimal

Aksi pemain Timnas Indonesia U-19 Marselino Ferdinan saat melawan Vietnam pada Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (2/7/2022) malam WIB. (c) Bola.net/Ikhwan Yanuar Harun

Sementara itu, Marselino Ferdinan menegaskan Timnas Indonesia U-19 sudah berusaha maksimal untuk memberikan kemenangan. Marselino menyayangkan kemenangan yang diharapkan tak bisa diraih.

"Hari ini kami tidak menang dan harus bermain imbang. Intensitas pertandingan berjalan tinggi sehingga banyak pemain yang kram," ujar Marselino.

"Para pemain sudah bermain dengan motivasi tinggi. Sayangnya kami gagal menang. Semoga pada laga selanjutnya kami bisa bermain lebih maksimal lagi," tegas Marselino.

Disadur dari Bola.com: Zulfirdaus Harahap/Benediktus Gerendo, 3 Juli 2022

4 dari 4 halaman

Hasil dan Klasemen Grup A

Klasemen Grup A

  • Myanmar 7-0 Brunai Darussalam (Moe Swe 15', Zaw Win Thein 28', La Min Htwe 30', Chit Aye 68', Thar Yan Win Htet 74', Ar Kar Kyaw 78', Thein Zaw Thiha 87')
  • Thailand 1-0 Filipina (Winai Aimoat 11')
  • Indonesia 0-0 Vietnam

Klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup A Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Klasemen Grup B

Klasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) WikipediaKlasemen Grup B Piala AFF U-19 2022 (c) Wikipedia

Regulasi

Nantinya, dua tim paling atas masing-masing klasemen akan lolos ke babak semifinal. Juara Grup A akan berjumpa runner-up Grup B di babak semifinal. Sementara, juara Grup B akan berjumpa runner-up Grup A.

Tim yang menang pada babak semifinal akan berjumpa di final untuk berebut gelar juara. Sementara, tim yang kalah akan berebut posisi ketiga.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR