FOLLOW US:


Arsenal Bertekad Akhiri Kutukan 25 Tahun Nirgelar di Eropa

12-05-2019 22:08

 | Granit Xhaka

Arsenal Bertekad Akhiri Kutukan 25 Tahun Nirgelar di Eropa
Granit Xhaka usai mencetak gol ke gawang Manchester United di pekan ke-30 Premier League © AP Photo

Bola.net - 25 tahun Arsenal melanglang buana tanpa pernah sekalipun meraih gelar di kompetisi Eropa. Itu seperti sebuah kutukan, dan Granit Xhaka selaku gelandang The Gunners bertekad untuk mengakhirinya pada musim ini.

Per hari Jumat (10/5) kemarin, Arsenal dinyatakan sebagai salah satu finalis di ajang Liga Europa 2018/2019. Skuat asuhan Unai Emery tersebut berhasil melangkahi lawannya di babak semi-final, Valencia, dengan agregat 7-3.

Itu menjadi kutukan pertama yang berhasil dihentikan oleh Arsenal. Diketahui bahwa mereka juga tak pernah mencapai final kompetisi Eropa sejak tahun 2006, dan terakhir kali The Gunners meraup kemenangan terjadi pada tahun 1994 silam.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Ingin Jadi Bagian Sejarah

Trofi Liga Europa telah berada di depan mata, dan Arsenal hanya perlu mengalahkan Chelsea pada laga final yang berlangsung di Azerbaijan tersebut. Xhaka langsung memasang tekad untuk membawa pulang piala ke Emirates Stadium.

"Sudah cukup lama, 25 tahun. Sekarang kami berada di final, kami ingin trofi ini untuk klub, untuk penggemar, dan juga untuk diri kami sendiri," tutur Xhaka seperti yang dikutip dari Goal International.

"Setiap bagian dari sejarah itu menyenangkan. Bila anda bisa menjadi sejarah di klub yang luar biasa ini, itu akan menjadi sesuatu yang bisa anda banggakan. Tapi pertama-tama, anda harus menang dulu," lanjutnya.

2 dari 3

Liga Europa Tetap Penting

Selama ini, kompetisi Liga Europa sering dianggap remeh karena statusnya yang jauh di bawah Liga Champions. Tidak jarang, banyak klub diketahui sengaja mengalah agar jadwal padat yang dihasilkan oleh Liga Europa tidak mengganggu Arsenal.

Tapi Xhaka tidak memandangnya seperti itu, sebab ia melihat ajang Liga Europa sebagai jalur untuk bisa berpartisipasi di Liga Champions musim depan. Apalagi dengan fakta bahwa peluang Arsenal untuk finis di empat besar hampir pupus.

"Setiap trofi, setiap gelar itu penting. Itu penting bila anda membawa pulang gelar di sini dan berangkat ke Liga Champions. Kami ingin tampil di Liga Champions dari Premier League [empat besar]. Tapi ini sudah jadi masa lalu, kami harus memandang ke depan," tambahnya.

"Setiap pemain menginginkan trofi. Bagi kebanyakan pemain, ini adalah final pertamanya, tapi kami juga punya banyak pengalaman di klub ini jadi kami berharap bisa siap untuk laga final," tandasnya.

3 dari 3

Pertemuan Terakhir

Laga final yang mempertemukan Chelsea vs Arsenal bakalan digelar pada akhir bulan Mei mendatang. Pertemuan terakhir antara kedua tim terjadi pada bulan Januari lalu, di mana The Gunners keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0.