Barcelona vs Manchester United adalah Soal Ironi Frenkie De Jong

Abdi Rafi Akmal | 8 November 2022 07:47
Barcelona vs Manchester United adalah Soal Ironi Frenkie De Jong
Aksi Frenkie de Jong dalam laga Barcelona vs Villarreal, Jumat (21/10/2022) (c) AP Photo

Bola.net - Frenkie De Jong menolak pinangan Manchester United, salah satunya karena Man United hanya mentas di Liga Europa. Baginya, bertahan di Barcelona lebih baik karena bermain di Liga Champions. Sungguh sebuah ironi setelahnya.

Perjalanan Barcelona di Liga Champions tidak mulus. Saat pengundian grup, Barcelona tidak hoki karena harus tergabung dengan Bayern Munchen, Inter Milan, dan Viktoria Plzen.

Barcelona hanya mampu meraih kemenangan dari tim terakhir yang disebutkan. Sisanya gagal menang. Akibatnya, Barcelona finis di peringkat ke-3 Grup C dan mesti terlempar ke babak play-off Liga Europa. Ya, Liga Europa yang De Jong tolak itu.

Kebetulannya tidak hanya sampai di sana. Barcelona akan bertemu dengan Man United. De Jong pada akhirnya tetap akan mentas di Liga Europa dan ‘bermain’ di Old Trafford pada leg 2 (23/2/20223).

1 dari 8 halaman

Sudah Sempat Sepakat

Sudah Sempat Sepakat

Frenkie de Jong dikawal pemain lawan di laga persahabatan Barcelona vs Manchester City (c) AP Photo

Kepindahan De Jong ke Man United sebenarnya tinggal sedikit lagi. Pasalnya, Barcelona dan Man United sudah sempat sepakat di biaya transfer sebesar 85 juta Euro.

Proses kepindahannya hanya tinggal perlu mendapat persetujuan dari De Jong. Lalu kemudian De Jong dan Man United membahas kesepakatan personal.

Namun, Man United hanya sampai pada tahap permintaan persetujuan dan tidak masuk ke tahap berikutnya. Sebab, sang pemain menolak kepindahan itu.

2 dari 8 halaman

Target Utama

Target Utama

Gelandang Barcelona, Frenkie De Jong (c) Frenkie De Jong Official Twitter

Padahal De Jong adalah target utama manajer anyar Manchester United, Erik Ten Hag. Dua sosok ini pernah saling bekerja sama selama di Ajax Amsterdam. Jadi sang manajer sudah tidak ragu dengan kemampuan mantan anak asuhannya dulu.

Demi bisa mewujudkan keinginan sang manajer, dewan klub berusaha keras mendapatkannya. Dari awal Ten Hag datang sampai bursa transfer musim panas 2022 ditutup, rumor kepindahannya bergulir tanpa henti.

Namun, jawaban De Jong masih sama: ia tidak ingin pindah ke lain klub untuk saat itu. Selain perkara Liga Champions dan Liga Europa, ia yakin bisa mendapatkan tempat utama di Barcelona.

3 dari 8 halaman

Kalah Saing

Kalah Saing

Frenkie de Jong berduel dengan Largie Ramazani dalam laga Barcelona vs Almeria, Minggu (6/11/2022) (c) AP Photo

Keputusan De Jong tidak pindah membuatnya lebih sering bermain dari bangku cadangan. Ya, pemain inti timnas Belanda itu kalah saing dengan pemain muda Gavi dan Pedri, serta pemain veteran Sergio Busquets.

Pedri menjadi gelandang Barcelona dengan menit bermain terbanyak, mencapai 1344 menit. Gavi di bawahnya dengan 1118 menit. Kemudian Busquets dengan total 1112 menit.

Sementara itu, De Jong hanya bermain selama 1043 menit. De Jong mencatatkan enam laga sebagai pemain pengganti dari total 16 laga yang sudah ia mainkan di seluruh ajang musim ini.

4 dari 8 halaman

Dibalas Langsung oleh Takdir

5 dari 8 halaman

Serba Plot Twist

6 dari 8 halaman

MU dan Liga Europa

7 dari 8 halaman

Doa yang Terkabul

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR