FOLLOW US:


Berapa Penghasilan Manchester United di Liga Europa Musim Depan?

13-07-2019 01:30

 | Yaumil Azis

Berapa Penghasilan Manchester United di Liga Europa Musim Depan?
Manchester United © AP Photo

Bola.net - Setelah finis di peringkat enam Premier League musim 2018-2019 lalu, Manchester United pun harus menerima nasib bermain di Liga Europa. Baru-baru ini, UEFA merilis nominal bayaran untuk peserta kompetisi kasta kedua Eropa tersebut musim depan nanti.

Manchester United mengalami keterpurukan pada musim lalu, yang kemudian berujung pada pemecatan Jose Mourinho di bulan Desember 2018 lalu. Ole Gunnar Solskjaer yang diangkat sebagai penggantinya sempat memberikan harapan.

Pria asal Norwegia itu berhasil mengantar The Red Devils meraih sejumlah kemenangan penting dan merangsek naik ke empat besar. Sayang, performa para pemainnya yang inkonsisten membuat Manchester United terus turun di klasemen.

Alhasil, seperti yang diketahui, Manchester United finis di peringkat enam dengan koleksi 66 poin. Sesuai regulasi, mereka bersama Arsenal dan Wolverhampton dipastikan menjadi perwakilan Inggris di Liga Europa musim depan.

Jelang musim 2019-2020 dimulai, UEFA memberikan kabar baik untuk para peserta Liga Europa. Federasi tertinggi sepak bola Eropa tersebut merilis detail keuangan dengan total 560 juta euro dialokasikan kepada semua partisipan.

Untuk awal, 48 klub yang berpartisipasi di fase grup akan dibayar sebesar 2,92 juta euro. Uang tersebut akan dibagikan dalam dua tahap, yakni 2,75 juta euro sebagai uang muka dan sisanya sebesar 170 ribu euro dibayarkan belakangan.

Selanjutnya ada bonus tiap pertandingan. Setiap peserta Liga Europa akan mendapatkan bayaran senilai 570 ribu euro jika berhasil meraih kemenangan dan 190 ribu euro saat bermain imbang. Selain itu, klub juga akan mendapatkan bonus satu juta euro jika berhasil menjadi pimpinan grup dan untuk runner-up senilai 500 ribu euro.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 1

Bonus di Fase Berikutnya

Bonus yang lebih besar menanti para peserta Liga Europa jika berhasil melewati fase grup. Pembagiannya adalah sebagai berikut:

  • Peserta babak 32 besar; masing-masing diberi bonus 500 ribu euro.
  • Peserta babak 16 besar; masing-masing diberi bonus 1,1 juta euro.
  • Peserta babak perempat final; masing-masing diberi bonus 1,5 juta euro.
  • Peserta babak semifinal; masing-masing diberi bonus 2,4 juta euro.
  • Peserta babak final; masing-masing diberi bonus 4,5 juta euro.
  • Juara Liga Europa bisa mendapatkan bonus tambahan sebesar 4 juta euro.

Selanjutnya ada bonus berdasarkan peringkat koefisien. Bonus ini diperkenalkan sejak musim lalu dan dinilai sesuai performa dalam 10 tahun terakhir. Sebanyak 84 juta euro dialokasikan untuk bonus tersebut.

UEFA menyisihkan 71 ribu euro untuk satu 'pembagian koefisien dan akan diberikan sesuai peringkat. Dengan demikian, tim yang berada di posisi terbawah koefisien akan mendapatkan satu pembagian (71 ribu euro) dan pemuncak peringkat bakalan diberi 48 pembagian (3,42 juta euro).

Saat ini, Manchester United menempati puncak klasemen dalam koefisien UEFA untuk peserta Liga Europa. Sementara klub Inggris lainnya, Arsenal, berada di peringkat kedua.