FOLLOW US:


Generasi Emas, 4 Pemain Kunci yang Siap Membawa Timnas Norwegia Mengguncang Dunia

13-10-2020 12:50

 | Asad Arifin

Generasi Emas, 4 Pemain Kunci yang Siap Membawa Timnas Norwegia Mengguncang Dunia
Erling Haaland ketika mencetak gol untuk timnas Norwegia © AP Photo

Bola.net - Masa depan timnas Norwegia bisa dibilang sangat cerah. Pasalnya skuat asuhan Lars Lagerback mempunyai banyak bintang muda yang mempunyai potensi besar dan bakat menjanjikan.

Walaupun Norwegia harus tersingkir dari Piala Eropa 2021, setelah kalah dari Serbia di babak playoff Piala Eropa. Tetapi, Stefan Johansen dkk tampil menggila di UEFA Nations League 2020.

Timnas Norwegia tampil perkasa di grup B1 dengan perolehan enam poin dari tiga laga. Selain itu, Norwegia juga menjadi tim yang paling produktif karena sudah membobol gawang lawan sebanyak 10 kali dan baru kebobolan tiga gol.

Tentunya, torehan tersebut tak lepas dari pemain kunci timnas Norwegia yang dapat tampil apik. Diyakini juga, para pemain tersebut akan siap mengguncang dunia lewat aksinya di lapangan serta digadang-gadang akan menjadi generasi emas.

Lantas, siapa saja para pemain tersebut?

1 dari 4

1. Erling Braut Haaland

1. Erling Braut Haaland
Erlin Haaland © DFL

Bomber milik Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland menjadi yang paling diandalkan di timnas Norwegia. Bagaimana tidak? ketajamannya sebagai juru gedor Norwegia terbukti ampuh dan mampu meneror pertahanan lawan.

Dari enam laga yang sudah dimainkannya bersama timnas Norwegia, Haaland tampil sangat produktif dengan enam gol yang sudah ia cetak. Lewat torehan gol itu, Haaland juga memimpin daftar top skor sementara UEFA Nations League 2020.

Mengingat usianya yang masih sangat muda yaitu 20 tahun, bukan hal yang mustahil apabila Haaland dapat membawa kesuksesan untuk timnas Norwegia kelak.

2 dari 4

2. Kristoffer Ajer

2. Kristoffer Ajer
Kristoffer Ajer © Celticfc.net

Kristoffer Ajer adalah bek muda tangguh yang bisa menjadi aset timnas Norwegia di masa depan. Di usianya yang baru 22 tahun, Ajer sudah menjadi tumpuan utama di lini belakang Norwegia.

Ajer yang memiliki postur hampir dua meter membuatnya handal dalam duel udara. Tak hanya itu saja, ia juga handal dalam membaca permainan untuk menutupi kekurangan yang ia miliki dengan posturnya yakni kecepatan.

Dengan segala kualitas yang ia miliki, Ajer pernah disebut sebagai ‘The Next Van Dijk’. Kini, Ajer sedang membela raksasa Liga Skotlandia, Celtic dan menjadi salah satu pemain inti di sana.

3 dari 4

3. Martin Odegaard

3. Martin Odegaard
Martin Odegaard © AP Photo

Jauh sebelum Erling Haaland menjadi buah bibir, Martin Odegaard sudah lebih dulu menjadi perbincangan pecinta sepak bola. Ketika itu, Odegaard mampu menjalani laga debutnya untuk timnas senior Norwegia di usianya yang masih belia yaitu 15 tahun.

Walaupun belum mendapatkan kesempatan di Real Madrid dan beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, tetapi Odegaard dapat tampil impresif dengan tim yang dibelanya.

Seiring dengan usianya yang semakin matang, Odegaard kembali mencuat dengan performanya yang apik di atas lapangan. Ia berhasil menjadi kreator serangan yang baik untuk Erling Haaland dan Alexander Sorloth di lini depan timnas Norwegia.

4 dari 4

4. Alexander Sorloth

4. Alexander Sorloth
Aksi pemain Chelsea, Cesar Azpilicueta (kiri) berebut bola dengan pemain Crystal Palace, Alexander Sorloth pada lanjutan Premier League di Stamford Bridge stadium, London, (10/3/2018). Chelsea menang

Di usianya yang memasuki usia matang sebagai pesepak bola, Alexander Sorloth mulai menunjukkan tajinya di panggung Eropa.

Sejatinya, Sorloth adalah prospek cerah timnas Norwegia. Performanya yang gemilang bersama Trabzonspor musim lalu dengan 33 gol dan 11 assistnya membuat namanya meroket.

Ketajamannya pun terus berlanjut di timnas Norwegia, ketika ia diplot menjadi ujung tombak bersama Erling Haaland di lini depan.

Berduet dengan Haaland, pemain berusia 24 tahun ini tampil produktif dengan tiga gol dan tiga assist yang ia catatkan di UEFA Nations League 2020.

Sumber: Transfermarkt, UEFA Nations League

(Bola.net/Hendra Wijaya)