FOLLOW US:


Pergantian Pemain Sering Dicap Aneh, Solskjaer Akhirnya Membela Diri!

16-04-2021 08:15

 | Richard Andreas

Pergantian Pemain Sering Dicap Aneh, Solskjaer Akhirnya Membela Diri!
Donny van de Beek © AP Photo

Bola.net - Ole Gunnar Solskjaer lagi-lagi membuat sejumlah keputusan yang mengundang tanda tanya besar, khususnya soal pergantian pemain. Terkadang keputusan Solskjaer tidak bisa dipahami fans Manchester United.

Kali ini keputusan-keputusan itu ada di laga kontra Granada, leg kedua perempat final Liga Europa 2020/21, Jumat (16/4/2021). MU menang 2-0 dan melangkah ke semifinal dengan agregat 4-0, jadi keputusan Solskjaer tidak terlalu disorot.

Di laga ini Solskjaer menurunkan sejumlah pelapis sejak awal. Lalu dia menarik Paul Pogba, Edinson Cavani, Bruno Fernandes, Aaron Wan-Bissaka, dan Mason Greenwood ketika laga belum benar-benar aman.

Sebaliknya dia memainkan Juan Mata, Amad Diallo, Daniel James, Brandon Williams, dan Donny van de Beek. Lalu apa alasan Solskjaer?

1 dari 2

Tidak boleh merasa aman

Solskjaer menegaskan bahwa setiap keputusannya itu diambil dengan pertimbangan matang. Dia membuat pergantian pemain untuk menambah gol atau mempertahankan keunggulan, bukan hanya untuk merasa aman.

"Dalam pertandingan sepak bola, segalanya bisa berubah secepat ini," kata Solskjaer sambil menjentikkan jarinya.

"Jadi Anda tidak boleh merasa terlalu nyaman dan merasa 'Kami sudah menang' atau semacamnya, sebab pertandingan bisa berbalik dan menyulitkan Anda."

2 dari 2

Pertimbangan Solskjaer

Solskjaer tahu keputusan pergantiannya di laga ini berisiko, tapi dia juga harus mempertimbangkan kebugaran fisik sejumlah pemain yang butuh istirahat.

"Dengan umpan-umpan silang mereka [Granada], situasi bola mati mereka. Ketika Anda sudah menarik Pogba, menarik Edinson, dan pemain-pemain besar lainnya," sambung Solskjaer.

"Lalu yang bermain adalah Amad, Juan, dan Daniel James, situasi bola mati bisa sangat berbahaya. Jadi Anda harus mempertimbangkan hal-hal ini," tutupnya.

Sumber: Manchester United