FOLLOW US:


Review: Bilbao Akhiri Perjalanan United di Eropa

16-03-2012 08:49

 | Fernando Llorente

Review: Bilbao Akhiri Perjalanan United di Eropa
Fernando Llorente © AFP

Bola.net - Butuh kemenangan minimal 2-0 atas tuan rumah Athletic Bilbao untuk membalikkan defisit 2-3 dari pertemuan pertama, Manchester United justru kalah 1-2 dan gagal maju ke perempat final Liga Europa dengan agregat 3-5.

Manchester United bertandang ke markas Athletic Bilbao, Jumat (16/3), untuk melakoni duel leg kedua babak 16 besar Liga Europa tanpa diperkuat sejumlah pemainnya yang tengah cedera. Salah satunya adalah Nani.

Kalah 2-3 pada bentrokan pertama di Old Trafford, United harus menang minimal 2-0 untuk melewati hadangan tuan rumah dan maju ke perempat final.

Kenyataan yang terjadi di lapangan adalah Bilbao mendominasi pertandingan, menang 2-1, dan mengakhiri perjalanan United di Eropa musim ini dengan agregat 5-3.

Butuh kemenangan dengan margin dua gol, United justru tertinggal 0-1 di babak pertama setelah gawang David de Gea dibobol oleh tendangan voli Fernando Llorente ketika pertandingan berjalan 15 menit. Kelalaian Rio Ferdinand mengawal striker timnas Spanyol tersebut membuat timnya kalah agregat sementara 2-4. Sepertinya, United pun bakal tenggelam di San Mames.

Di penghujung babak pertama, Bilbao menarik keluar Llorente yang sudah tampak kelelahan. Sebelum pertandingan, sang pencetak gol memang sempat dikabarkan bakal absen akibat cedera.

Sepanjang pertandingan, United tak sanggup mengungguli Bilbao, baik dalam hal penguasaan bola maupun tembakan ke arah gawang.

Memikirkan mencetak gol sambil mencegah gawangnya kebobolan lebih banyak membuat segalanya serba sulit bagi United. Para pemain Setan Merah kesulitan membagi konsentrasi antara bertahan dan menyerang, karena Bilbao memiliki sejumlah pelari cepat yang bisa menghukum mereka lewat serangan balik yang tajam lewat kedua sayapnya.

Pada menit ke-65, San Mames bergemuruh setelah Bilbao menggandakan keunggulannya. Berawal dari sayatan di sayap kanan, umpan silang ke depan gawang tak bisa diamankan dengan sempurna oleh barisan pertahanan United. Oscar De Marcos berhasil menguasai bola tanpa penjagaan berarti di dalam area penalti dan melesakkannya ke dalam gawang De Gea. Skor pun berubah menjadi 2-0 dengan agregat 5-2 untuk Bilbao.

United berhasil memperkecil ketertinggalannya menjadi 1-2 berkat gol berkelas Wayne Rooney dari luar kotak penalti pada menit ke-80. Waktu normal tersisa 10 menit dan tidak cukup bagi United untuk membalikkan keadaan.

Kemenangan atas United memperpanjang rekor kandang tak terkalahkan Bilbao di pentas Eropa musim ini menjadi enam pertandingan secara beruntun.  (bola/gia)

HIGHLIGHTS - Athletic Bilbao Tumbangkan United